Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE PROBING PROMPTING QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN DI KELAS IV SDM GKB 2 GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-11-07 12:23:21
Oleh : ZAIDATUN NIKMAH 09 422 025
Dibuat : 2013-11-07, dengan 4 file

Keyword : Metode probing prompting question, soal cerita pecahan, hasil belajar

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat lepas dari operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan yang merupakan bagian dari
pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa
kelas IV SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik ditemukan cara mengajar guru yang
masih bersifat konvensional dan pembelajaran yang kurang menyenangkan
mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar
menyelesaikan soal cerita dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti
untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan metode probing prompting
question. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan metode probing prompting
question, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan soal cerita dengan metode probing prompting question pada materi
operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisis secara deskriptif,
dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga tahap penelitian, yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi. Pada tiap siklusnya terdiri dari dua
pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian
pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai 76,9%, hasil
observasi guru mencapai 71% dan hasil observasi siswa mencapai 71,5%.
Sedangkan hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan dengan
persentase hasil belajar siswa mencapai 88,5%, hasil observasi guru mencapai
84,4% dan hasil observasi siswa mencapai 84,1%. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan metode probing prompting question dapat
meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi soal cerita pecahan.

Deskripsi Alternatif :

In our life we can not released from fraction number summation and subtraction
calculation operation that become the part of math subject. Based on the
observation result to student and teacher of fourth grade student of SD
Muhammadiyah GKB 2 Gresik found the teaching way of teacher that still
conventional and unpleasant learning that caused student feel bore and
unmotivated to learn finishing story question well. One of the efforts that done by
researcher to solve this problem is by method of probing prompting question. The
purpose of this study are to knowing student and teacher activity in finishing story
question with probing prompting question method and to knowing the
improvement of student learning result in finishing story question with probing
prompting question method on fraction number subtraction and summation
calculation operation material. This is a class action research that analyzed
descriptive, done on two cycle with three research stage namely planning,
execution and observation, reflection. On each cycle consisted of two meeting.
Data collection technique with observation and test. Research result on first cycle
show that student learning result achieve 76,9%, teacher observation result
achieve 71% and student observation result achieve 71,5%. While the research
result on second cycle experience improvement with the percentage of student
learning result achieve 88,5% teacher observation result achieve to 84,4%, and
student observation result achieve 84.1%,. from those result can be conclude that
with probing prompting question method can increasing teacher and student
activity on learning and increasing student learning result in finishing story
question of fraction number subtraction and summation calculation operation.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...