Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Teknik Industri . 2010

USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD, SWOT DAN STP UNTUK WARUNG KOPI ULTRAS KECAMATAN KEBOMAS GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:55
Oleh : YUDHI SANTOSO, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2011-04-13, dengan 1 file

Keyword : METODE QFD, SWOT DAN STP.; WARUNG KOPI ULTRAS

Banyaknya warung kopi di Gresik, menandakan bahwa jenis usaha yang menyediakan produk minuman kopi merupakan pilihan utama minuman bagi masyarakat Gresik. Berbagai macam jenis dan model baik dari pelayanan, tempat dan fasilitas sebagai daya tarik tersendiri yang diberikan guna menarik konsumen sehingga kemudian bisa menjadi pelanggan yang tetap. Tentunya ini bukan hal yang mudah, disamping banyaknya kedai kopi yang menjual produk yang sama, persaingan guna mendapatkan konsumen tidak bisa dihindari. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengidentifikasi karakteristik konsumen Warung Kopi Ultras. 2). Menganalisis persyaratan konsumen (yang diinginkan konsumen) dalam usaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanan Warung kopi Ultras. 3). Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayanan yang diberikan Warung kopi Ultras. 4). Membuat suatu perencanaan usulan strategi pemasaran untuk Warung kopi Ultras dengan menggunakan metode QFD, SWOT dan STP.
Penelitian ini dilakukan di warung kopi Ultras terletak di Kecamatan Kebomas Gresik dengan pembanding warung kopi Re-Coffe yang berlokasi di wilayah yang sama. Sampling yang diambil sebanyak 80 responden yang berkunjung ke warung kopi Ultras dan juga pernah ke warung kopi Re-Coffe. Penelitian ini menggunakan tiga metode, 1). Quality Function Deployment, 2). SWOT, dan 3). Strategy Targeting Positioning.
Berdasarkan persayaratan konsumen (yang diinginkan), secara berturut-turut lebih menginginkan rasa, promosi, keramahan dan kesopanan, fasilitas pendukung, penjelasan pramusaji, lokasi, repson keluhan pelanggan, kenyamanan tempat, harga, variasi menu, penataan eksterior dan interior ruangan dan kecepatan transaksi.
Berdasarkan tingkat kepuasan, konsumen merasa puas terhadap keramahan dan kesopanan pramusaji,rasa kopi, kecepatan transaksi pembayaran, kecepatan pelayanan, penataan eksterior dan interior ruangan, harga, penjelasan pramusaji, fasilitas pendukung, respon keluhan pelanggan, variasi menu, promosi penjualan, kenyamanan tempat dan lokasi.
Strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah lebih memprioritaskan perbaikan atribut-atribut keramahan dan kesopanan pramusaji, kenyamanan tempat,fasilitas pendukung, rasa kopi, promosi penjualan, penjelasan pramusaji, variasi menu, kecepatan pelayanan, kecepatan transaksi, penataan eksterior dan interior ruangan, harga, respon keluhan pelanggan dan lokasi.

Deskripsi Alternatif :

The number of coffee shops in Gresik, indicating that the type of business that provides a coffee beverage product is a beverage of choice for the people of Gresik. Various types and models of good service, venue and facilities as an attraction which is given in order to attract consumers so that then can become a permanent customer. Surely this is not an easy thing, in addition to the many coffee shops that sell the same products, competition in order to get the consumer can not be avoided. The purpose of this study is 1). Identifying consumer characteristics Coffee Shop Ultras. 2). Analyzing the requirements of the customer (the customer wants) in an effort to improve the quality of products and services Donations Ultras. 3). Analyzing the level of customer satisfaction with products and services provided Donations Ultras. 4). Make a plan proposed marketing strategy for Donations Ultras using QFD, SWOT and STP method.
This research was carried out in a coffee shop located in District Kebomas Ultras Gresik by comparison Coffee Re-coffee shop located in the same region. The sampling was taken by 80 respondents who visited the coffee shop Ultras and also been to the coffee shop Re-Coffe. This study uses three methods, 1). Quality Function Deployment, 2). SWOT, and 3). Strategy Targeting Positioning.
Based on customer requirement (desired), respectively prefer flavor, promotion, hospitality and courtesy, support facilities, an explanation waitress, location, repson customer complaints, comfortable places, prices, menu variety, the arrangement of the exterior and interior space and speed of transactions .
Based on the level of satisfaction, consumers are satisfied with the friendliness and politeness waitress, coffee taste, speed payment transactions, speed of service, the arrangement of the exterior and interior room, price, description waiter, support facilities, response to customer complaints, menu variety, sales promotion, place and convenience location.
Marketing strategies that can be done is to prioritize improvement attributes friendliness and courtesy waitresses, convenience place, support facilities, coffee flavor, sales promotion, description waiter, menu variety, speed of service, speed of transactions, structuring of exterior and interior room, price, response customer complaints and location.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...