Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF MIKA DAN PAPAN SIPUT PADA MATERI SIMETRI DI KELAS V MI ASSA’ADAH BUNGAH

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-11-06 12:59:02
Oleh : WAHYU SETYANING ATI NIM: 09 421 006
Dibuat : 2013-11-06, dengan 4 file

Keyword : efektivitas, media manipulatif mika dan papan siput

Prestasi belajar peserta didik di sekolah sering diindikasikan dengan
permasalahan belajar dari peserta didik dalam memahami materi. Indikasi ini
dimungkinkan karena faktor belajar dari peserta didik yang kurang efektif, bahkan
tidak termotivasinya peserta didik sendiri dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Kecenderungan pembelajaran yang kurang menarik inilah yang mengakibatkan
peserta didik kurang atau bahkan tidak memahami materi yang bersifat sukar yang
diberikan oleh guru. Dalam menunjang proses pembelajaran, selain bahan ajar,
media juga mempunyai peran penting dalam suatu proses pembelajaran. Salah satu
kelebihan kemampuan media menurut Gerlach dan Ely adalah media memiliki
kemampuan manipulatif, artinya media tersebut dapat menampilkan kembali objek
atau kejadian dengan berbagai macam perubahan (manipulasi) sesuai dengan
keperluan. Maka dari itu peneliti menggunakan media manipulatif mika dan papan
siput sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas penggunaan media manipulatif mika dan papan Siput pada
materi simetri.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas V yang berjumlah 18 peserta didik. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar
pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik,
soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik.
Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik dalam mengunakan
media manipulatif mika dan papan siput telah memenuhi kriteria aktif, hasil belajar
peserta didik dengan media manipulatif mika dan papan siput dinyatakan tuntas, dan
untuk respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan media manipulatif mika
dan papan siput dinyatakan respon mereka positif. Dari empat indikator tersebut,
semua indikator telah tercapai maka penggunaan media manipulatif mika dan papan
siput pada materi simetri di kelas V MI Assa’adah Bungah dinyatakan efektif.

Deskripsi Alternatif :

Learning achievement of students in schools is often indicated with learning
problems of the students in understanding the material. This indication is made
possible because of the learning of students who are less effective, not even
motivated learners themselves in following lessons. Learning tendencies has
resulted in less attractive learners understand less or even no material that is
difficult given by the teacher. In support of the learning process, in addition to
teaching materials, media also has an important role in the learning process. One of
the advantages of the ability of the media according to Gerlach and Ely are
manipulative media has the ability, means the media can redisplay the objects or
events with a variety of changes (manipulation) as appropriate. Thus the researchers
using manipulative media mica and snails board as a learning medium. The purpose
of this study was to know the effectiveness of using manipulative media mica and
Siput board on the material symmetry.
This research is descriptive. The subjects were students who were 18 fifth
grade students. Data collection methods used were observation, tests and
questionnaires with research instruments observation sheet management of
learning, observation activity sheets learners, learning about the test results and
questionnaire responses of learners.
Results of data analysis showed the ability of teachers to manage very well
categorized learning, learners in activities using manipulative media mica and Siput
board meets current criteria, the study of students with manipulative media mica
and Siput board declared complete, and for learners response to learning with
manipulative media mica and Siput board expressed their positive response. Of the
four indicators, all indicators have reached the use of manipulative media mica and
snails boards on the material symmetry in grade 5 MI Assa'adah Bungah declared
effective.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...