Path: Top . Journal . Agrofish . Volume 9 Nomer 1 Agustus 2012

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KREDIT SEBAGAI SALAH SATU USAHA UNTUK MENINGKATKAN RENTABILITAS (Studi kasus pada Unit Simpan Pinjam KUD Minatani, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan)

Journal from JIPPTUMG / 2013-11-29 15:24:34
Oleh : Tri Prihantini (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2013-01-30, dengan 1 file

Keyword : credit, management, rentability.; kredit, manajemen, rentabilitas

The purpose of this study was to analyze the credit management has been applied KUD "Minatani" Unit Savings and Loan and the problems facing cooperatives, as well as analyzing credit management efectivitas to increase profitability by using ratio analysis of liquidity, profitability and activities. The research method used is descriptive method using case studies. Sampling was purposive sampling method. Data collected in this study is primary data and secondary data. Types of primary data collected as history KUD, KUD organizational structure, activities and business units as well as the problem. Types of secondary data collected is the general state of the region, the general state population, locals fishing conditions, and financial statements. Secondary data is derived from KUD Minatani office, district fisheries offices lamongan, foregoing the district office, and library.
From the results of the study concluded that Unit of Savings and Loans at KUD Minatani Brondong is one unit of autonomous (independent) to serve storage (saving) and borrowing money with interest that is lightweight and easy requirements. During this cooperative has established a credit policy in running the cooperative has been established as a standard credit, but in reality, the implementation of the credit standards are heavily influenced by the policies of the board so that the results obtained from the management of the cooperative credit is less than the maximum. The problem faced by the cooperatives is the lack of effective management of the cooperative credit cooperatives so it causes ability to generate relatively low profits. One reason is cooperative belurn able to apply a axception and credit terms to encourage its customers to accelerate payment of the loan. Besides accounts receivable collection efforts carried out in a way that is less intensive. Effectiveness of management efforts to do cooperative credit is Conducting customer classification based on risk paid class approach paid pattern receivable, billing or collecting receivables Implement effective, Doing action to finish the noncurrent loans. Subsequent to the forecasting of the realization of the credit for 2005, it is estimated that the 2005 loan disbursements increased.

Deskripsi Alternatif :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen kredit yang telah diterapkan KUD “Minatani” Unit Simpan Pinjam dan masalah yang dihadapi KUD tersebut, serta menganalisis efetivitas manajemen kredit terhadap peningkatan rentabilitas dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, rentabilitas dan aktifitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis data primer yang dikumpulkan yaitu sejarah KUD, struktur organisasi KUD, kegiatan dan unit usaha serta permasalahannya. Jenis data sekunder yang dikumpulkan yaitu keadaan umum daerah, keadaan umum penduduk, kondisi perikanan penduduk setempat, dan laporan keuangan. Data sekunder ini berasal dari kantor KUD Minatani, dinas perikanan kabupaten lamongan, kantor kecamatan brondong, dan kepustakaan.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa. Unit Pelayanan Simpan Pinjam di KUD Minatani Brondong merupakan salah satu unit yang bersifat otonom (mandiri) dengan melayani penyimpanan (tabungan) dan peminjaman dana dengan bunga yang ringan dan persyaratan yang mudah. Selama ini koperasi telah menetapkan suatu kebijaksanaan dalam menjalankan usaha perkreditan koperasi telah ditetapkan sebagai standar pernberian kredit, namun dalam kenyataannya pelaksanaan standard kredit tersebut banyak dipengaruhi oleh berbagai kebijakan dari pengurus sehingga hasil yang dicapai dari pengelolaan kredit koperasi ini kurang maksimal.
Masalah yang dihadapi oleh koperasi ini adalah kurang efektifnya pengelolaan kredit koperasi sehingga rnengakibatkan kemampuan koperasi untuk menghasilkan laba relatif rendah. Salah satu sebabnya adalah koperasi belurn mampu untuk menerapkan suatu kbijaksanaan dan syarat kredit yang dapat mendorong para nasabah untuk mempercepat pembayaran pinjamannya. Disamping itu usaha pengumpulan piutang dilakukan dengan cara yang kurang intensif. Upaya efektivitas manajemen kredit yang dapat dilakukan koperasi adalah Mengadakan klasifikasi nasabah berdasarkan kelas resiko pernbayarannya, pendekatan pola pernbayaran piutang, Melaksanakan penagihan atau pengumpulan piutang yang efektif, Melakukan tindakan menyelesaian terhadap kredit tidak lancar. Setelah diadakan peramalan terhadap realisasi kredit untuk tahun 2005, maka diperkirakan realisasi kredit tahun 2005 mengalami kenaikan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(6) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...