Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Akuntansi . 2007

Perbedaan Antara Rekayasa LaporanKeuangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan Prinsip-PrinsipGood Corporate Governance (GCG),

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:45
By : TRI HANDAYANI, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Created : 2008-07-19, with 2 files

Keyword : Rekayasa Laporan Keuangan;Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bukti empiris Perbedaan Rekayasa Laporan Keuangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG).adapun manfaat dari penelitian ini bagi kepentingan ilmiah adalah sebagai acuan atau perbandingan apabila melakukan suatu penelitian khususnya mengenai rekayasa laporan keuangan dalam menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Manfaat bagi perusahaan adalah sebagai bahan pertimbangan mengenai prinsip Good Corporate Governance (GCG) sebagai tata kelola perusahaan yang sehat.
Objek penelitian adalah laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang telah Go Publik periode tahun 1995 sampai dengan 2000 dan terdaftar di Bursa Efek Surabaya.
Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakna uji t atau paired sample test. Hasil penelitian terhadap discretionary accrual sebelum dan sesudah penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) tidak berbeda secara signifikan. Nilai p value 1,833 dan t value -1,302 mengindikasikan tidak ada perbedaan yang signifikan antara rekayasa laporan keuangan sebelum dan sesudah kewajiban penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan discretionary accrual menunjukkan tidak adanya perbedaan antara rekayasa laporan keuangan sebelum dan sesudah kewajiban penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Hal ini berarti dari segi ekonomi bahwa perusahaan melakukan manajemen laba sebagai upaya manipulasi data laporan keuangan dalam perusahaan tersebut.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJIPPTUMG
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Gresik
Contact Nameadmin@umg.ac.id
AddressJl. Sumatera
CityGresik
RegionJawa Timur
CountryIndonesia
Phone
Fax
Administrator E-mailAdmin@umg.ac.id
CKO E-mailAdmin@umg.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor: amirah

Downnload...