Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...

Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Manajemen . 2017

PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ROTI BOY DI RAMAYANA GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2018-04-12 03:55:44
Oleh : TITO PRATAMA PUTRA
Dibuat : 2018-04-12, dengan 4 file

Keyword : Roti Boy, harga, kualitas produk, kualitas layanan, tempat

Sejarah roti boy dimulai ketika usaha roti boy didirikan pada bulan April tahun 1989 di Malaysia dan pada Desember 2004 waralaba roti boy untuk pertama kalinya dibuka di Surabaya dan Jakarta pada tahun 2005 dan sekarang sudah ada sekitar 50 outlet roti boy di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui daya beli konsumen di sebuah lokasi dengan berdasarkan pada harga, kualitas produk, kualitas layanan dan tempat. Penelitian ini menggunakan sumber data dari kuisioner. Jumlah populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen roti boy, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Pada penelitian ini menggunakan uji instrumen yakni uji validitas dan uji reliabilitas. Pada uji validitas, semua variabel yakni variabel harga, kualitas produk, kualitas layanan dan tempat didapatkan hasil rhitung > rtabel yakni 0,2455. Pada uji reliabilita, semua variabel didapatkan alpha > ralphayakni 0,6. Pada uji asumsi klasik dengan uji multikolineritas, diketahui nilai tolerance dan VIF masing-masing variabel independen memenuhi syarat, yakni > 0,10 dan < 10. Pada uji heteroskedastisitas, pada gambar diketahui bahwa titik-titik menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y secara acak, sehingga tidak terjadi heteroskedastisitas. Pada uji normalitas, pada gambar diketahui bahwa data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal, sehingga memenuhi asumsi normalitas.
Pada penelitian ini, digunakan pengujian dengan regresi linier berganda dengan fungsi persamaan yang diperoleh: Y = -0,36 + 0,141X1 + 0,452X2 + 0,783X3 + (-0,359X4) + e. Pada analisis determinasi, diketahui bahwa variabel harga, kualitas produk, kualitas layanan dan tempat mampu menjelaskan variabel terikat Y, sebesar 82,7%, sedangkan 17,3% disebabkan faktor lain yang tidak terdapat dalam model ini. Pada uji hipotesis, yakni Uji t, variabel harga tidak berpengaruh signfikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas produk berpengaruh signfikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas layanan berpengaruh signfikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dan variabel tempat tidak berpengaruh signfikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Pada uji hipotesis, yakni Uji F, diketahui bahwa variabel harga, kualitas produk, kualitas layanan dan tempat berpengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Pada uji analisis korelasi parsial, diketahui variabel yang berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah variabel kualitas layanan dengan nilai sebesar 0,519.

Deskripsi Alternatif :

The history of boy bread began when the bakery business was founded in April 1989 in Malaysia and in December 2004 the bread boy franchise for the first time opened in Surabaya and Jakarta in 2005 and now there are already around 50 bread boy outlets in Indonesia. The purpose of this research is to know consumer purchasing power in a location based on price, product quality, service quality and place. This research uses data source from questionnaire. The number of population used in this study is the consumer bread boy, while the sample used as much as 100 respondents.
In this research using instrument test that is test of validity and reliability test. In the test of validity, all variables are price variables, product quality, service quality and place obtained rhitung > rtabel are 0.2455. In the reliability test, all variables obtained alpha > ralpha are 0.6. In the classic assumption test with multicollinearity test, it is known that the tolerance and VIF values of each independent variable are eligible, are > 0.10 and < 10. In the heteroscedasticity test, the figure shows that the spots spread above and below the number 0 on the Y axis randomly, so as to avoid heteroscedasticity. In the normality test, it is known that the data spreads around the diagonal line and follows the direction of the diagonal line, thus satisfying the assumption of normality.
In this research, we used multiple linear regression test with the function of the obtained equation: Y = -0,36 + 0,141X1 + 0,452X2 + 0,783X3 + (-0,359X4) + e. In the determination analysis, it is known that the price, product quality, service quality and place are able to explain the dependent variable Y, by 82.7%, while 17.3% is due to other factors not found in this model. In the test of hypothesis, that is t test, price variable does not influence partially significant to purchasing decision, product quality variable influence partially to purchasing decision, service quality variable influential partially to purchasing decision and variable of place no significant influence partially to decision purchase. In hypothesis test, that is F test, it is known that price variable, product quality, service quality and place have significant influence simultaneously or together to purchase decision. In the partial correlation analysis test, it is known that the dominant variable in this study is the service quality variable with the value of 0,519.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id