Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Teknik Industri . 2012

ANALISA PENYEBAB RISIKO PADA PIUTANG MACET (MELEBIHI JATUH TEMPO) DENGAN MENGUNAKAN PENDEKATAN RISK MANAGEMENT DI PT PETROKIMIA KAYAKU

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:52
Oleh : Teguh Prasetyo (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2012-12-12, dengan 2 file

Keyword : Management Risiko, Piutang Macet Perusahaan, RCA risk FMEA

Dalam bisnis industri, profit adalah salah satu tujuan yang ingin didapat, satu risiko akan berimbas pada profit yang akan akan diperoleh. Untuk memprediksi risiko yang mungkin akan terjadi perlu dilakukan analisa risiko terhadap dampak yang mungkin akan terjadi. Penyebab terjadinya dampak risiko tersebut sangat bervariasi, antara lain factor alam, factor manusia dan factor factor teknis. Kejadian ini sangat tidak diharapkan karena dapat mengakibatkan kerugian. Setiap kegiatan /aktifitas terdapat risiko yang dapat menimbulkan kecelakaan (incident/unexpected event) yang dapat mengangu operasional aktifitas. Menurut The Australian/New Zealand Standart for risk (AS/NZS 4360 : 1999) Risiko adalah kemungkinan terjadinya sesuatu yang akan mempengaruhi objek, dan hal ini diukur dengan frekuensi dan konsekuensi. Sedangkan Manajemen Risiko adalah sebuah proses dan struktur yang diarahkan menuju management yang efektif semua risiko yang dapat mempengaruhi profit pada suatu usaha atau perusahaan dan akan dianalisa & dihitung dari segi finansialnya. Untuk itu akan digunakan pendekatan Risk Management. Dari penelitian kami dilapangan, pada periode Bulan Desember s.d Mei 2012 Piutang Macet (melebihi jatuh tempo) yang ada di PT Petrokimia Kayaku, selalu fluktuatif, seperti diketahui persentase piutang macet (melebihi jatuh tempo) yang ada di PT Petrokimia Kayaku, sejumlah 3 % dari pendapatan pada tahun 2011, akibat piutang macet (melebihi jatuh tempo) yang ada di PT Petrokimia Kayaku mengakibatkan cash flow terhambat, sehingga anggaran investasi untuk tahun 2012 sedikit terhambat dan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan, untuk itu diperlukan upaya menurunkan jumlah piutang, dan dilakukan upaya menganalisa penyebab risiko piutang macet dengan cara mencari penyebab yang berkaitan dengan piutang macet (penjualan). Dengan cara menganalisa dan mengevaluasi secara terus menerus terhadap perkembangan Piutang Macet Perusahaan. Selanjutnya hasil identifikasi risiko piutang macet dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan seluruh unit kerja dan para pihak yang berkepentingan sebagai bahan pengelolaan risiko piutang macet perusahaan. Dengan mengunakan RCA risk FMEA (Failure Mode and Effect Anaylisis), Setiap failure potensial diranking dari tingkat kepentingan dan dampaknya agar dapat dilakukan tindakan preventif agar mengurangi ataupun mengeliminasi risiko failure. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa penyebab risiko terhadap Piutang Macet Perusahaan, dan diharapkan bisa membantu dalam menyelesaikan/ meminimalisir Piutang Macet yang ada di PT Petrokimia Kayaku.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(10) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...