Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2017

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME

THE DEVELOPMENT OF MATHEMATICíS STUDENT WORKSHEET BASED ON GUIDED DISCOVERY ON SQUARE MATERIAL FOR SEVENTH GRADE IN SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2017-11-07 18:57:36
Oleh : Sulaeni
Dibuat : 2017-11-07, dengan 4 file

Keyword : Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS) , penemuan terbimbing

Pembelajaran matematika membutuhkan konsep yang baik karena diperlukan pemahaman konsep pada materi sebelumnya untuk dapat memahami konsep yang baru. Untuk memfasilitasi hal tersebut, maka diperlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika salah satunya yaitu dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika. LKS yang digunakan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme hanya berisi ringkasan materi dan soal latihan yang dipergunakan hanya untuk menguji penguasaan materi secara teoritis sehingga kurang memfasilitasi peserta didik untuk terlibat dalam penemuan konsep. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebaiknya didesain berdasarkan prinsip pembelajaran yang mengajak peserta didik berpikir aktif, salah satunya menggunakan prinsip pembelajaran penemuan terbimbing. Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam memahami konsep matematika melalui keterlibatan aktif saat melakukan kegiatan penemuan, menyusun hipotesis, menguji hipotesis serta menarik kesimpulan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi segiempat. Pengembangan LKS matematika berbasis penemuan terbimbing dilakukan dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan, namun peneliti hanya melakukan 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design) dan tahap pengembangan (Develop). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B SMP YPI Darussalam 1 Cerme.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa LKS matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi segiempat termasuk dalam kategori sangat valid karena rata-rata penilaian para validator adalah 4,19 dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika karena persentase ketuntasan belajar peserta didik adalah 75% dikategorikan tuntas serta 91,25% respon peserta didik dikategorikan sangat positif.

Deskripsi Alternatif :

Mathematic learning requires a good concept because it requires understanding of the concept on the previous material to be able to comprehend the new concept. To facilitate it, it is necessary the teaching material that be able to improve understanding of mathematical concept which one of them is by using matematicís Student Worksheet. matematicís Student Worksheet which is used by SMP YPI Darussalam 1 Cerme only contains a summary of the material and practice questions that are used only to test theoretical mastery of the material so that less facilitate learners to engage in the discovery of the concept. Therefore, matematicís Student Worksheet should be designed based on the principle of learning that invites students to think actively that use guided discovery learning principles. It is expected to give the students an opportunity to understand the concept of mathematic through active involvement in conducting discovery activities, preparing hypothesis, testing hypothesis and drawing conclusion.
The purpose of this research is to describe the process dan the result of development of matematicís Student Worksheet based on guided discovery on square material. The development of matematicís Student based on guided discovery was done using 4-D development model according to Thiagarajan, but the researcher only did three stages namely the Define, Design and Development. The subject of this research are the students of VII-B class in SMP YPI Darussalam 1 Cerme.
The finding showed that matematicís Student Worksheet based on guided discovery on square material included in very valid category because the average of the experts apparsial is 4,19 and effectively used in mathematic learning because the percentage of studentís complete mastery is 75% that included in completely categorized and 91,25% of the students responses are categorized as very positive.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...