Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Teknik Industri . 2010
ANALISIS KEPUASAN WALI MURID TERHADAP KUALITAS JASA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-UMMAH GRESIK BERDASARKAN MODEL SERVQUAL, GRONROOS, DAN BAURAN PEMASARAN JASA
Oleh : Suhendi, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2011-09-23, dengan 1 file
Keyword : Model Gronroos, kualitas fungsional, kualitas teknis, bauran pemasaran jasa, kepuasan pelanggan
Dalam menghadapi persaingan, lembaga sekolah harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, dalam hal ini wali murid maupun siswa sebagai pelanggannya. Pelanggan tidak hanya melihat proses pelayanan yang diberikan tetapi juga melihat hasil yang didapatkan anak setelah belajar di sekolah TKIT Al-Ummah.
Analisis kepuasan pelanggan berdasarkan persepsi wali murid perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas jasa agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dalam menentukan dimensi kualitas jasa, penelitian ini mengintegrasikan model gronroos dan bauran pemasaran jasa. Dimensi kualitas jasa yang terbentuk adalah Dimensi kualitas fungsional, kualitas teknis dan image. Ketiga dimensi tersebut diukur dengan mempertimbangkan aspek bauran pemasaran jasa. Penelitian dilakukan di lembaga sekolah TKIT Al-Ummah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada wali murid TKIT Al-Ummah. Data yang diperoleh sebanyak 75 set kuesioner yang diisi lengkap. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis faktor & analisis regresi. Hasil dari pengolahan data memperlihatkan bahwa kualitas fungsional, kualitas teknis dan citra berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Urutan dimensi yang berpengaruh paling besar hingga paling kecil adalah kualitas fungsional, image, dan kualitas teknis. Analisis perbedaan persepsi juga dilakukan dengan menggunakan one way ANOVA. Hasil dari pengujian ini menyimpulkan bahwa terjadi perbedaan persepsi wali murid terhadap dimensi kulaitas jasa kecuali dimensi responsiveness dan dimensi learning outcome yang tidak memiliki perbedaan signifikan.
Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.
Beri Komentar ?#(2) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JIPPTUMG |
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Gresik |
Nama Kontak | admin@umg.ac.id |
Alamat | Jl. Sumatera |
Kota | Gresik |
Daerah | Jawa Timur |
Negara | Indonesia |
Telepon | |
Fax | |
E-mail Administrator | Admin@umg.ac.id |
E-mail CKO | Admin@umg.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- , Editor: amirah
Download...
Download hanya untuk member.
File : Bab 1,2,3,&5.pdf
(395981 bytes)