Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2010

PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA MATERI BANGUN RUANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN I MANYAR

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:55
Oleh : SRI SURYANTI, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2011-04-12, dengan 1 file

Keyword : hasil belajar, strategi pembelajaran student team heroic leadership, modul pembelajaran, pembelajaran langsung.; learning outcomes, student team learning strategies heroic leadership, learning modules, learning directly. vii

Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru tidak mendominasi di kelas,
tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan
motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan
kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam pembelajaran,
faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan. Penggunaan strategi
pembelajaran yang tepat dan menarik merupakan salah satu faktor yang sangat
penting dalam mencapai tujuan pembelajaran serta meningkatkan keaktifan
peserta didik. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan
keaktifan peserta didik dan kemandirian dalam diri mereka adalah strategi
pembelajaran student team heroic leadership. Pada strategi pembelajaran ini,
peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen.
Masing-masing peserta didik mendapat modul pembelajaran sebelum tatap
muka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran student team
heroic leadership, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik
yang menggunakan strategi pembelajaran student team heroic leadership
dengan pembelajaran langsung pada materi pokok bangun ruang di kelas VIII
SMPN I Manyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif. Populasi
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN I Manyar tahun
pelajaran 2009/2010 sebanyak 224 peserta didik yang terdiri dari tujuh kelas.
Sedangkan sampelnya adalah kelas VIII F dan VIII G, masing-masing terdiri
dari 32 peserta didik. Pengambilan sampel tersebut dilakukan dengan cara
random sampling. Penelitian ini dilakukan pada semester genap. Adapun
rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen. Kelas VIII
F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Pada
penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi
dan tes. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah uji ketuntasan
belajar, uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis yaitu uji-t, independent
sample t-test dengan menggunakan alat bantu SPSS 14,0. Setelah dilakukan
perhitungan diperoleh 27 peserta didik tuntas, dan ketuntasan secara klasikal
84,4%. Sedangkan hasil uji-t diperoleh nilai sig = 0,035 lebih kecil dari = 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yaitu hasil belajar peserta
didik yang menggunakan strategi pembelajaran student team heroic leadership
lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran
langsung pada materi pokok bangun ruang di kelas VIII SMPN I Manyar

Deskripsi Alternatif :

Interaction of good teaching and learning is the teacher does not dominate in the
classroom, but help create conducive conditions and to provide motivation and
guidance so that learners can develop the potential and creativity through
learning activities. Therefore, in learning, activity factors as the subject of study
is crucial. Use of appropriate learning strategies and interesting is one very
important factor in achieving the learning objectives and to improve the
liveliness of learners. One strategy to enhance active learning and learner
autonomy in student learning strategies they are heroic leadership team. In this
learning strategy, learners are grouped into several groups are heterogeneous.
Each student received prior to face-to-face learning modules. The purpose of
this study was to determine mastery learning outcomes of students using student
learning strategies heroic leadership team, and to detect differences in learning
outcomes of students using student learning strategies heroic leadership team
with direct instruction in the subject matter got up space in the class VIII SMPN
I Manyar. This type of research is comparative. The population of this research
is all class VIII students SMPN I Manyar 2009/2010 school year as many as
224 students consisting of seven classes. While the sample is a class VIII F and
VIII G, each consisting of 32 learners. Sampling was done by random sampling.
This research was conducted in second semester. The design of the research is
experimental design. Class VIII F as experimental class and class VIII G as a
control class. In this research, data collection method used is the documentation
and testing. While the data analysis technique used is learning completeness
test, homogeneity test, normality test and test the hypothesis that t-test,
independent sample t-test using SPSS 14.0 tool. After doing the calculation, the
students completed the 27 participants, and the classical completeness 84.4%.
While the results obtained by t-test sig = 0.035 is smaller than α = 0.05 so that it
can be concluded that the hypothesis is accepted, the learning outcomes of
students using student learning strategies heroic leadership team is better than
learning outcomes of students who use direct instruction the subject matter get
up space in the class VIII SMPN I Manyar

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...