Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN POLYA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:59
By : SRI NINGSIH 09.421.009
Created : 2013-10-17, with 4 files

Keyword : Soal cerita, pemecahan masalah berdasarkan Polya

Soal cerita mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika karena siswa akan lebih mengetahui hakekat dari suatu permasalahan matematika. Selain itu, soal cerita sangat bermanfaat untuk perkembangan proses berpikir siswa karena dalam menyelesaikan masalah yang terkandung dalam soal cerita, diperlukan langkah-langkah penyelesaian yang membutuhkan pemahaman dan penalaran. Salah satunya adalah langkah penyelesaian masalah menurut Polya, yaitu meliputi langkah memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Polya ditinjau dari kemampuan matematikanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs N Gresik tahun ajaran 2012-2013 yang terdiri dari 38 siswa. Untuk memperkuat hasil tes subjek secara tertulis, dipilih 3 subjek untuk wawancara. Ketiga subjek tersebut dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita, yang dikelompokkan kedalam 3 kelompok yaitu kelompok atas, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Pengelompokan ini berdasarkan nilai tes matematika pada materi luas permukaan dan volume balok. Berdasarkan analisis data hasil tes dan diperkuat oleh hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa yang berkemampuan tinggi cenderung dalam menyelesaiakn soal cerita menggunakan langkah-langkah Polya secara menyeluruh, yang terdiri dari memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali, tetapi dalam tahap memeriksa kembali subjek tidak memenuhi satu indikator yaitu tidak menuliskan kesimpulan jawaban yang diperoleh. (2) Siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaiakn soal cerita tidak menggunakan langkah-langkah Polya secara menyeluruh, hanya memenuhi tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian. Tetapi dalam memahami masalah subjek tidak mengetahui maksud soal. Sedangkan dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali subjek tidak melakukannya. (3) Siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita tidak menggunakan langkah-langkah Polya secara menyeluruh, hanya memenuhi tahap memahami masalah, tetapi dalam memahami masalah subjek tidak mengetahui maksud soal, sedangkan untuk tahap menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali subjek tidak melakukannya.

Description Alternative :

Story questions has an important role in learning mathematics because students will be more aware of the nature of a mathematical problem, when students are exposed to story questions. In addition, story questions are very beneficial for the development of students' thinking process, because in resolving the issues contained in the story questions, completion of required steps that need understanding and reasoning. one of them is by Polya problem solving steps, which understanding the problem, the devising a plan, carrying out the plan, and looking back. This study to determine the ability of students to solve story questions based on Polya terms of mathematical ability. This researching is descriptive qualitative research. Subjects in this rsearch were students of class VIII-B MTs N Gresik year 2012-2013 about of 38 students. Were divided into 3 groups, namely the top group, the average group, and the lower group. To result then the research, each group was taken of each of the students as an interview subject. This grouping is based on math test scores on the surface area and volume of the beam. Based analysis of the data it can be concluded that: (1) high ability students who tend to solve word problems using Polya steps thoroughly, which consists of understanding the problem, the devising a plan, carrying out the plan, and looking back, but in the stage looking back does not meet the indicator is not about writing the answers obtained. (2) average ability students who tend to solve capable of being in story about not using Polya steps thoroughly, just to meet the stage to understanding the problem, the devising a plan. But in understanding the problem matter is not a matter of knowing the purpose. While in the stage of carrying out the plan and looking back did not the subject. (3) the low ability students in solving word problems do not use Polya steps thoroughly, just to meet the stage to understanding the problem, but in understanding the problem matter no matter the intentions, whereas for stage devising a plan , carrying out the plan, and to looking back the subject do not do it.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(1) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJIPPTUMG
Organization
Contact Nameadmin@umg.ac.id
AddressJl. Sumatera
CityGresik
RegionJawa Timur
CountryIndonesia
Phone
Fax
Administrator E-mailAdmin@umg.ac.id
CKO E-mailAdmin@umg.ac.id

Print ...

Contributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Downnload...