Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK KELAS VIII MTs N GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:59
Oleh : SITI NUR MAHMUDIA 09.421.044
Dibuat : 2013-10-17, dengan 4 file

Keyword : Kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran JUCAMA, pengajuan masalah, pemecahan masalah

Matematika diberikan sebagai pelajaran di sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa. Akan tetapi, pada kenyataannya kreativitas siswa terutama dalam pengajuan dan pemecahan masalah masih kurang diperhatikan oleh guru, karena siswa seringkali hanya diberi soal-soal yang konvergen. Oleh karena itu keberadaan model maupun perangkat pembelajaran dapat memotivasi dan mengarahkan pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif. Untuk dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat digunakan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara kemampuan siswa dalam pengajuan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri Gresik tahun pelajaran 2012-2013, sedangkan sampel penelitian sebanyak 36 peserta didik (satu kelas) yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah dengan pemberian tes. Sebelum pelaksanaan penelitian dilakukan uji validitas dan reliabititas terlebih dahulu terhadap instrument penelitian. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: ada hubungan antara kemampuan siswa dalam pengajuan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,544 jadi tingkat hubungan antara kemampuan siswa dalam pengajuan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah cukup kuat.

Deskripsi Alternatif :

Mathematics as a subject at school is given with the aim to develop students creativity. However, in reality the creativity of students, especially in the submissions and problem solving is less noticed by the teacher, because students are often only given the questions are convergent. Therefore the existence of the model as well as a learning device can motivate and direct the learning of mathematics-oriented creative thinking abilities. In order to help students develop the ability to think creatively learning model can be used for posing and problem solving (JUCAMA). The purpose of this study is to determine the correlation between the ability of students in problem posing with creative thinking ability of students. This researching is the correlation research. The researching of population is all student of VIII grade MTs Negeri Gresik in year 2012-2013, then the researching sample about 36 students (one class) which is chosen by random sampling technical. The researching instrument which used is giving test before do the research it must be tested of the validity and reliability first through the research instrument. From analysis data can be concluded that there is correlation between ability of student in problem posing with creative thinking ability of student. Coefficiently correlation about 0,544 so vats of the correlation between ability of student in problem posing with creative thinking ability of student is quite strong.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...