Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pertanian . 2007

VITAMIN C SEBAGAI SUPLEMEN PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN DAYA HIDUP UDANG VANNAMEI (Litopaneaus vannamei)

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:41
Oleh : S I S W A N T O , Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-04-14, dengan 2 file

Keyword : VITAMIN C SEBAGAI SUPLEMEN,UDANG VANNAMEI (Litopaneaus vannamei)

Penelitian ini dilakukan di desa Padangbandung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2007.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan suplemen vitamin C (asam ascorbat) dengan dosis yang berbeda pada pakan terhadap pertumbuhan dan daya hidup udang vannamei (Litopaneaus vannamei) stadia PL 18 sampai pemeliharaan 24 hari (ukuran bijian). Serta untuk mengetahui dosis vitamin C yang optimum untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh udang vannamei .

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan masing-masing diulang 3 kali. Perlakuan yang digunakan dengan cara penambahan suplemen vitamin C pada formula pakan dengan dosis yang berbeda-beda, yaitu 0, 60, 180, 300, 420 mg/kg pakan. Pakan diangin-anginkan kemudian disimpan dalam freezer sebelum dan selama digunakan untuk penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan suplemen vitamin C pada pakan dengan dosis yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan daya tahan tubuh udang vannamei stadia post larva 18 sampai pemeliharaan 24 hari (ukuran bijian) pada masing-masing perlakuan. Dosis 420 mg/kg pakan memberikan laju pertumbuhan spesifik (SGR) tertinggi, yaitu sebesar 7,33% BB/hari, dosis tersebut juga memberikan daya hidup (SR) tertinggi, yaitu sebesar 97,78%.

Penambahan suplemen vitamin C dari hasil penelitian ini berpengaruh terhadap FCR (Food Convertion Ratio) dan CE (Convertion Efficiency) pakan pada masing-masing perlakuan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan penambahan vitamin C pada pakan dengan dosis 420 mg/kg pakan menghasilkan nilai FCR terendah, yaitu hanya sebesar 1,30 dan dosis tersebut juga menghasilkan nilai efficiency pakan tertinggi, yaitu sebesar 63,60%.

Pengamatan kualitas air selama penelitian yang meliputi derajat keasaman (pH), suhu, dan salinitas masih dalam kisaran untuk budidaya udang vannamei. Derajat keasaman (pH) berkisar 7,0-7,7, suhu relatif homogen dengan kisaran 27-300C, sedangkan salinitas bersifat homogen dengan kisaran 10-16 ppt pada masing-masing perlakuan.

Untuk meningkatkan laju pertumbuhan spesifik (SGR) dan daya hidup (SR) udang vannamei (Litopaneaus vannamei) mulai post larva 18 sampai masa pemeliharaan 24 hari (bijian) sebaiknya ditambahkan vitamin C (asam ascorbat) pada pakan sebanyak 420 mg/kg pakan. Dosis tersebut juga terbukti dapat memperkecil angka FCR (Food convertion ratio) serta dapat meningkatkan CE (covertion efficiency) pakan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(19) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...