Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS VI A MINU BANAT MANYAR

THE APPLICATION OF ACTIVE LEARNING WITH INDEX CARD MATCH STRATEGY ON FRACTIONAL MAIN MATERIALS IN THE CLASS VI A OF MINU BANAT MANYAR

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:50
Oleh : SHOLICHATUL ABADIYAH
Dibuat : 2013-09-04, dengan 4 file

Keyword : pembelajaran aktif, Index Card Match

Dalam proses pembelajaran pendidik dan peserta didik merupakan dua komponen yang penting dan tidak dapat dipisahkan. Antara dua komponen tersebut harus terjalin interaksi yang saling menunjang. Realitanya tidaklah mudah antara guru dan peserta didik untuk berinteraksi secara aktif. Dalam proses pembelajaran pada umumnya yang lebih dominan adalah guru. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dengan guru menjadi pusat seluruh kegiatan di kelas sehingga dalam pembelajaran peran peserta didik kurang. Untuk mengatasi masalah di atas, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan aktivitas peserta didik. Salah satunya adalah dengan pembelajaran aktif. Dalam pembelajaran aktif ini digunakan strategi Index Card Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI A MINU BANAT Manyar yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian terdiri atas lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas peserta didik selama pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match mendapatkan skor 81,25 yang termasuk dalam kategori baik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match mendapatkan skor 83,05 sehingga dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal setelah mengikuti pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match mencapai 83,3% sehingga ketuntasan belajar peserta didik telah tercapai, dan untuk respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match, sebanyak 96,4% peserta didik merespon ya atau berminat sehingga respon peserta didik dikatakan baik

Deskripsi Alternatif :

In the process of learning educators and learners are two important components and can not be separated. Between those two components should be established complementary interaction. The reality is it is not easy between teachers and learners to interact actively. In the process of learning in general teachers are more dominant. Teachers still tend to use the lecture method with the teacher as the center of all activities in the classroom so that the students lack of learning role. To solve that problems, itís need to develop learning strategies that can enhance students' enthusiasm and activity. The One is with active learning. In this active learning use Index Card Match strategy. The purposes of this research are to determine the activity of the learners, the teacher's ability to manage learning, students' learning outcomes and learners response to active learning with Index Card Match strategies. This is a descriptive research. The subjects of this research were the students of VI A class MINU BANAT Manyar with the total 24 learners. The data collection methods used are observation, tests and questionnaires with the research instrument consisting of student activity sheets observation, sheets of learning management observation, the test results of learning and responses of learners. The results of the data analysis shown the students' activities during active learning with Index Card Match strategies got 81,25 score which included in good category, the ability of teachers to manage active learning with Index Card Match strategies got 83,05 score so itís included in the good category, mastery learning students classically after following active learning with Index Card Match strategies reached 83,3% so the studentís mastery learning have achieved, and for the responses of the students towards active learning with Index Card Match strategies, as many as 96,4% of the students responded yes or interest so itís said to be good learners response

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • imam, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...