Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Akuntansi . 2007

PENGARUH DESENTRALISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN MELALUI KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BROAD SCOPE DAN AGGREGATION TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:39
Oleh : Romi Agus Hariyadi, Universitas Muhammadiyah Gresik
Dibuat : 2008-02-20, dengan 2 file

Keyword : desentralisasi

Pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan, merupakan tujuan utama agar dapat menjaga kelangsungan hidup suatu usahanya ditengah-tengah persaingan era globalisasi. Semakin ketatnya persaingan usaha dan informasi, maka diperluikan suatu sistem yang efektif untuk mengukur kinerja seorang menajer.
Pentingnya desentralisasi sebagai penataan struktural formal telah lama ditekankan dalam organisasi dan perusahaan. Desentralisasi cenderung akan memicu ketersediaan informasi akuntansi manajemen broad scope dan aggregation untuk menyusun perancanaan dan pengendalian dalam perusahaan. Tujuan dari informasi akuntansi manajemen membantu memudahkan penilaian dan pengambilan keputusan bagi para penggunanya.
Adanya kondisi ketidakpastian lingkungan, menyebabkan seorang manajer mengalami kesulitan dalam menyusun perencanaan dan pengendalian, sehingga semakin besar dibutuhkan ketersediaan informasi akuntansi manajemen broad scope dan aggregation guna membantu bagi seorang manajer didalam pengambilan keputusan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desentralisasi dan ketidakpastian lingkungan melalui karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen broad scope dan aggregation baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja manajerial. Alat analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model path analysis dengan bantuan Statistic Product Service Solution (SPSS) Ver 11.0 for Windows. Koefisien jalur dihitung dengan membuat persamaan struktural dan pengujian hipotesis ini memiliki tingkat probabilitas sebesar 5 %.
Kesimpulan ini didasarkan pada hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa pengujian hipotesis secara langsung diperoleh hasil: desentralisasi, ketidakpastian lingkungan, informasi akuntansi manajemen broad scope dan aggregation berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hasil kesimpulan juga menunjukkan bahwa pengujian hipotesis secara tidak langsung diperoleh hasil: desentralisasi dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap kinerja manajerial melalui informasi akuntansi manajemen broad scope dan aggregation.
Berdasarkan hasil analisis diharapkan dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam praktek akuntansi manajemen khususnya dalam pelaksanaan sistem informasi akuntansi manajemen.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...