Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Akuntansi . 2007

Pengaruh Return On Equity, Price To Book Value dan Stock Split Terhadap Likuiditas Saham

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:40
Oleh : Rizqi Kurni Sari, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2008-03-04, dengan 2 file

Keyword : Return On Equity, Price To Book Value, Stock Split

Salah satu indikator kinerja perusahaan publik tercermin dari likuiditas saham perusahaan yang bersangkutan. Semakin likuid saham suatu perusahaan maka dapat diduga semakin baik penilaian investor terhadap kinerja perusahaan. Sebaliknya semakin tidak likuid suatu saham, penilaian investor terhadap kinerja perusahaan semakin kurang baik, dengan demikian investor enggan berdagang pada saham yang kurang atau tidak likuid. Studi ini menekankan perhatian pada likuiditas saham dan membatasi penelitian pada faktor internal perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan dan harapan investor. Faktor internal adalah return on equity, price to book value dan stock split. Penelitian dilakukan pada industri tekstil dan garmen yang go public di Bursa Efek Jakarta tahun 2003-2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on equity, price to book value dan stock split secara simultan terhadap likuiditas saham pada industri tekstil dan garmen di Bursa Efek Jakarta dan variabel mana yang memiliki pengaruh paling besar terhadap likuiditas saham pada industri tekstil dan garmen di Bursa Efek Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 saham perusahaan yang termasuk dalam industri tekstil dan garmen. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil pengujian statistik diperoleh bahwa return on equity, price to book value dan stock split secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap likuiditas saham pada industri tekstil dan garmen di Bursa Efek Jakarta. Besarnya pengaruh variabel bebas secara simultan ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi majemuk (R2) hanya 0,155 atau sebesar 15, 5% mempengaruhi likuiditas saham, dan sisanya sebesar 84,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Secara parsial menghasilkan fakta bahwa dari ketiga variabel hanya variabel stock split yang memiliki pengaruh signifikan terhadap likuiditas saham.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: sadikan

Download...