Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2017

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) PADAMATERI SEGI EMPAT KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI

APPLICATION OF MAZE GAME WITH COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH ON STUDYING QUADRANGLE IN 7TH GRADE ON MUHAMMADIYAH 4 GIRI JUNIOR HIGHSCHOOL

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2018-03-01 08:54:44
Oleh : Rizky Ridho Utomo
Dibuat : 2018-03-01, dengan 4 file

Keyword : Pembelajaran MAKE A MATCH , Pembelajaran Kooperatif, Permainan Maze

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan permainan mencari jejak (Maze) pada kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik.
Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik di kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik yang berjumlah 25 peserta didik dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran karena nilai pseserta didik kelas VII A yang masih kurang memuaskan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) aktivitas guru di dalam proses pembelajaran memiliki nilai 3,1 yang masuk katagori baik (B); (2) peserta didik aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dalam penilaian termasuk katagori baik (B) dengan nilai 3,2; (3) respon peserta didik baik, dengan persentase angket dengan nilai positif sebanyak 77,27% dan termasuk kedalam predikatbaik (B); (4) ketuntasan klasikal sebanyak 63,63% sehingga tes hasil belajar peserta didik tidak tuntas.

Deskripsi Alternatif :

This is descriptive quantitative research about teacher activity, studentsí activity, studentsí responses, and students result with cooperative learning type Make a Match with Maze game in 7th grade in Muhammadiyah 4 Giri Junior High school.
Research subjects are all of students in 7th grade class A which number are 25 people who are chosen from mathematics teacher cause the competence of students still low. The instruments are observation paper (teacher and student), interview paper, and learning test for students and students Questionnaire.
The result are: (1) teacher activities in lesson seems good, the teacher had score 3,1 on good category (B); (2) students seems active on the lesson, put on good category (B) with 3,2 point; (3) students responses on the lesson are with questionnaire percentage on 77,27% and on good category (B); (4) classical mastery on 63,63% so the test learning outcomes are not complete.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...