Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2007

PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BILANGAN DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:42
Oleh : RIRIN SRI WAHYUNI, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-04-18, dengan 2 file

Keyword : Pengajaran Remedial, Peningkatan hasil belajar siswa.

Dalam proses belajar mengajar selalu ada siswa-siswa yang mengalami kesulitan. Kita harus akui bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap informasi. Siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi akan mudah memahami materi yang disampaikan tetapi siswa yang memiliki kemampuan rendah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami materi yang disampaikan. Siswa yang memiliki kemampuan yang rendah pada umumnya setelah di adakan ujian mendapat skor dibawah rata-rata, para siswa ini memerlukan penanganan secara khusus dalam mengatasi kesulitan belajar mereka untuk mencapai penguasaan penuh terhadap setiap mata pelajaran. Agar tujuan instruksional yang hendak dicapai dapat dicapai dengan baik.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar dan supaya ketuntasan belajar siswa dapat dicapai maka guru dapat mengadakan kegiatan perbaikan.
Berdasarkan uraian diatas maka timbul pemikiran untuk menerapkan pengajaran remedial dalam proses belajar mengajar matematika. Pengajaran remedial adalah salah satu usaha mengatasi kesulitan belajar adalah treatment (perlakuan) yaitu memberikan bantuan kepada anak yang bersangkutan sesuai dengan program yang telah disusun melalui pengajaran remedial dalam beberapa bidang studi tertentu.Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Cerme pada Tahun Pelajaran 2007 2008.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian terlihat sebelum diadakan program remedial banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar yaitu dikelas VII A sebanyak 13 siswa, VII B sebanyak 6 siswa dan kelas VII C sebanyak 13 siswa, setelah diadakan kegiatan remedial ada peningkatan skor bagi siswa yang mengikuti program remedial yaitu dikelas VII A sebanyak 5 siswa hal ini menunjukkan ada peningkatan sebesar 18,18 %. Dikelas VII B 2 siswa sehingga mencapai peningkatan 0,09%. Dan siswa kelas VII C 5 siswa dengan mencapai peningkatan 16,67%.
Maka dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa program remedial dapat meningkatan hasil belajar siswa serta dapat membantu siswa yang memiliki kemampuan yang rendah.


Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...