Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN MODEL ASSURE PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-H SMPN 1 MANYAR

THE DEVELOPMENT OF MATH LEARNING MEDIA BASED ON MACROMEDIA FLASH 8 WITH ASSURE MODEL IN MATERIALS THE SURFACE AREA OF CUBE AND CUBOID AT VIII-H CLASS PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL OF 1 MANYAR

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-25 10:02:16
Oleh : Rini Utami NPM. 09421027
Dibuat : 2013-10-25, dengan 4 file

Keyword : Media, Macromedia Flash 8,model ASSURE

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik dalam jenjang pendidikan formal dari tingkat pendidikan Sekolah Dasar hingga tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas. Bahkan di tingkat Perguruan Tinggi juga tidak terlepas dari matematika. Hal ini menunjukkan bahwa matematika memegang peranan penting dalam pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan zaman. Seiring berkembangnya ilmu pendidikan dan teknologi saat ini, pemanfaatan teknologi sangat dimungkinkan pada bidang studi matematika. Teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk pembuatan media pembelajaran matematika karena teknologi komputer dapat memberikan gambaran visual yang lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi matematika yang cukup rumit dan abstrak Agar materi yang diberikan kepada peserta didik menjadi lebih nyata dan lebih mudah dipahami dengan cara yang lebih menarik, peneliti memanfaatkan salah satu software komputer yaitu macromedia flash 8 dalam pembuatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash 8 dengan model ASSURE dan untuk mengetahui hasil dari media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan di kelas VIII-H yang berjumlah 28 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah telaah, validasi, tes, angket dan pengamatan. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, soal tes, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket gaya belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan media yang dikembangkan mengalami dua kali perbaikan saat proses evaluasi formatif, telaah para ahli menyatakan bahwa media yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi , rata-rata total validitas  4 dengan kategori sangat valid, aktivitas peserta didik mempergunakan media macromedia flash 8 memenuhi kriteria aktif, ketuntasan hasil belajar klasikal terpenuhi dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan positif. Sehingga media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, valid dan efektif.

Deskripsi Alternatif :

Mathematics is one of the subjects studied which is by students in formal education from elementary school to high school even at the university level. This suggests that mathematics plays an important role in the education and development of science and technology. As the development of science and technology education at this time, it is possible to use technology in mathematics. Computer technology can be used for media creation on mathematics learning because computer technology can provide a more interesting visual image so that it can assist students in understanding mathematics which is quite complex and abstract. In order to make the materials given be more real and more easy to understand the researchers utilize computer software that is macromedia flash 8 in the creation of instructional media. The purpose of this study was to describe developmental process of math learning media based on macromedia flash 8 using ASSURE model and to determine the outcome of the media which was developed. This research is developmental research. A limited test was done in class VIII-H 28, which is in total. Data collection method uses a review, validation, tests, questionnaires and observation. The instrument used was a review sheet, a validation sheet, test students, activity observation sheet, learning styles questionnaire and questionnaire of responses of students. Results of data analysis showed that there were two improvements developed during the process of formative evaluation, the experts stated that the media can be used without revision or with minor revisions, the average total validity is  4 with very valid category, students activity using macromedia flash 8 meet current criteria, completeness classical learning outcomes are met and the response of students to the media was positive media. So math learning

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatl khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...