Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA PESERTA DIDIK KELAS XI-IA SMA MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2014-04-01 15:49:49
Oleh : RAFIKA NIM : 09.422.012
Dibuat : 2014-04-01, dengan 4 file

Keyword : Website, Pembelajaran Berbasis Web, Statistika

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih perlu ditingkatkan, karena berdasarkan survei Political and Economic Risk Consultant (PERC) kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya dalam pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam matematika juga terjadi di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu khususnya peserta didik kelas XI-IA. Dari hasil wawancara peneliti dengan salah satu guru matematika diketahui bahwa hasil rata-rata ulangan pada pokok bahasan statistika hanya mencapai 61,55 padahal standar KKMnya 75 dan peserta didik sulit mengerti pada materi ukuran pemusatan dan ukuran letak data tunggal maupun data berkelompok. Adapun metode pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran tradisional yaitu guru hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah dan pembelajaran hanya berpusat pada guru sementara peserta didik cenderung pasif, sehingga peserta didik merasa jenuh dan suasana kelas menjadi biasa saja. Peneliti memberikan salah satu alternatif untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika berbasis web. Pembelajaran berbasis web adalah proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, ketuntasan hasil belajar dan respon peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran berbasis web pada materi ukuran pemusatan dan ukuran letak data tunggal maupun data berkelompok. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI-IA SMA Muhammadiyah 4 Sidayu yang berjumlah 15 anak. Desain penelitian ini adalah one shoot case study. Metode yang digunakan adalah metode tes, angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam kategori baik, ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis web dalam kategori baik.

Deskripsi Alternatif :

The quality of education in Indonesia still needs to be improved, because the survey is based Political and Economic Risk Consultants (PERC) quality of education in Indonesia was ranked 12th out of 12 countries in Asia. This is shown by the low learning outcomes of students especially in math. The low learning outcomes of students in mathematics also occur in SMA Muhammadiyah 4 Sidayu especially students of class XI-IA. From interviews with the researcher one math teacher is known that the average repeat on the subject of statistics only reached 61,55 whereas standard KKM is 75 and difficult learners understand the material measures of central tendency and measures of individual data and data groups. The method of learning is still done using traditional learning methods that teachers simply deliver the material with only a lecture and teacher-centered learning while students tend to be passive, so that students feel bored and classroom atmosphere into mediocrity. Researchers gave one of the alternatives to be able to resolve this problem is to implement a web-based math learning. Web-based learning is a learning process that is done by utilizing the Internet. This research is descriptive aims to describe the ability of the teacher to manage learning, learner activity, mastery of learning outcomes and learner response after the implementation of the web-based learning material measures of central tendency and measures of individual data and data groups. Subjects were students of class XI-IA SMA Muhammadiyah 4 Sidayu that totaled 15 children. The study design was a case study one shoot. The method used is the method of tests, questionnaires, and observations. While the techniques of data analysis includes data analysis ability of teachers to manage learning in the excellent category, activity learners in both categories, mastery learning outcomes of students in the classical saying completely, and the response of students to the web-based learning in both categories.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...