Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2017

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VIII SMP NU 2 GRESIK

THE DEVELOPMENT OF PROBLEM BASED STUDENT WORKSHEET IN TERMS OF STUDENTS COGNITIVE STYLE ON MATERIAL ALGEBRA CLASS VIII OF NU JUNIOR HIGH SCHOOL

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2018-03-01 08:39:11
Oleh : Pitra Ninda C.
Dibuat : 2018-03-01, dengan 4 file

Keyword : LKS, PembelajaranBerbasisMasalah, Gaya Kognitif, Field Independent, Field Dependent

LKS merupakan salah satu bahan ajar cetak yang digunakan guru untuk kegiatan belajar mengajar. LKS yang digunakan secara umum, berisikan materi pembelajaran, contoh soal dan soal latihan, yang soal-soal latihan tersebut hampir sama dengan contoh soal, sehingga peserta didik kurang aktif dalam menggunakan fungsi kognitifnya. Karakteristik dalam penggunaan fungsi kognitif disebut sebagai gaya kognitif, yang dibagi menjadi 2 yaitu Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Kedua gaya kognitif tersebut mempunyai ciri yang berbeda. Salah satunya adalah pesert adidik yang bergaya kognitif FI lebih suka dengan pelajaran sains sedangkan peserta didik FD lebih suka pelajaran yang bermuatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis masalah ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada materi aljabar untuk SMP kelas VIII.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan karena terkendala waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah GEFT (Grup Emmbeded Figure Test) yang digunakan untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik dan angket penilaian LKS untuk dosen ahli dan guru matematika yang di gunakan untuk mengetahui aspek kevali dan LKS, serta soal tes uji kompetensi hasil belajar digunakan untuk mengetahui aspek keefektifan LKS.
Hasil test GEFT di SMP NU 2 Gresik menunjukan bahwa peserta didik yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) lebih dominan dibandingkan dengan perserta didik bergaya kognitif Field Independent (FI). LKS yang dikembangkan disesuaikan dengan ciri-ciri gaya kognitif Field Dependent (FD). Kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevali dan LKS memenuhi kriteri B (Baik) dan jug aaspek keefektifan LKS berkatagori baik, sehingga produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Deskripsi Alternatif :

Student worksheet is one of print material which teachers use for teaching and learning activities. Student worksheet used generally containing learning materials, sample questions, and practice questions, which is where the exercise questions are almost identical to the simple questions, so learners are less active in using their cognitive function. Characteristics in the use cognitive functions are referred to as cognitive styles. It is divided into two namely field dependent (FD) and field independent (FI). Both cognitive styles have different characteristics one of which is FI prefers sains lessons than on FD. FD prefers lessons that are socially charged. This research purpose to the development of problem based student worksheet in term of studentsí cognitive style on material algebra class VIII of NU junior high school.
This type of research is a research development. Research is designed by following the stages of the development model four-D that is stage define, design, develop anddisseminate. But the stage disseminate are not done because constrained time and cost. Instrument used in this research is GEFT (Group Emmbeded Figure Test), which is used to identify cognitive styles, and questionnaire student worksheet assessment for expert lecturers and mathematics teachers used to know the aspects of validity student worksheet, as well as a test of competence test results used to determine aspects of effectiveness student worksheet.
Test results GEFT in SMP NU 2 Gresik showed that students with cognitive style Field Dependent (FD) leaners were more dominant than cognitive style Field Independent (FI) leaners. Student worksheet developed to the characteristics of the Field Dependent cognitive style. The quality of the product produced based on the aspect of the validity student worksheet meets the criteria B (well), and also , for the effectiveness student worksheet with a category B (well), so the product, so that the development products are effective for use.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...