Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2017

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA HANDS-ON EQUATIONS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2018-03-01 09:07:28
Oleh : NURUL JANNAH
Dibuat : 2018-03-01, dengan 4 file

Keyword : Media Hands-on Equations, Macromedia flash 8

Pelajaran matematika sering kali diangap sulit dan kurang dimintai oleh peserta didik, maka guru diharapkan dapat memberikan situasi yang menyenangkan. Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini sangat cepat, salah satunya media pembelajaran antara lain multimedia komputer, televisi, radio, modul. Akan tetapi, media yang mempunyai lebih banyak keunggulan yaitu multimedia komputer karena setiap informasi yang berupa teks, suara, animasi dan gambar dapat ditunjukkan secara bersama-sama. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media yang berbasis macromedia flash 8 dengan tujuan agar memotivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proes pengembangan media hands-on equation berbasis macromedia flash 8.
Model pengembangan 4D Thiagarajan termodifikasi. Tiga tahap yang dilakukan peneliti ini adalah Define (pendenefisian), Design (perencanaan), dan Develop (pengembangan). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan memvalidasi kepada para ahli, memberikan angket kepada peserta didik terhadap respon media pembelajaran.
Hasil penelitian pengembangan media yang dilakukan peneliti menentukan medi yang dikembangkan menghasilkan media yang valid dan praktis setelah melakukan validasi ke para validator, rata-rata nilai hasil validasi yaitu 83,91%dengan kategori valid ketuntasan belajar klasikal terpenuhi dan respon peserta didik sebesar 77,3%. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Deskripsi Alternatif :

Math lessons are often considered difficult and less asked by learners, then teachers are expected to provide a pleasant situation. The rapid development of technology at this time is very fast, one of the learning media such as multimedia computer, television, radio, module. However, the media that has more advantages of multimedia computers because any information in the form of text, sound, animation and images can be shown together. Therefore researchers develop a media based on macromedia flash 8 with the aim to motivate learners learn. The purpose of this research is to describe proes development of hands-on equation media based on macromedia flash 8.
The Thiagarajan 4D development model is modified. Three stages are done this research is Define (definition), Design (planning), and Develop (development). Technique of data retrieval used is to validate to the experts, give questionnaire to learners to response media of learning.
The results of media development research conducted by researchers determine the media developed to produce a valid and practical media after validation to the validator, the average validation result value is 83.91% with the category of valid completeness classical learning fulfilled and the response of learners of 77.3 %. It can be concluded that the developed medium meets the valid, practical, and effective criteria.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...