Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Psikologi . 2017

Hubungan Antara Kecenderungan Narsisme Dengan Motif Memposting Foto Selfie Di Instagram Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Sidayu.

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2018-02-07 12:38:33
Oleh : Nurul Desidiah Esa
Dibuat : 2018-02-07, dengan 4 file

Keyword : Narsisme, Motif Memposting Foto Selfie, Instagram

Dizaman tekhnologi yang semakin meningkat sekarang, kehadiran HandPhone yang semakin canggih membawa fenomena baru dikalangan remaja yakni foto selfie. Tidak hanya selfie saja, remaja juga memposting ke media sosial instagram dengan berbagai macam motif. Alasan instagram meraih kepopulerannya tak lain karena habbit masyarakat sekarang khususnya remaja yang cenderung narsis. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Sidayu, motif siswa memposting foto selfie di instagram bisa sebagai identitas diri, berkeinginan eksis, membutuhkan pengakuan, mencari perhatian dari orang lain, menunjukkan kegantengan atau kecantikan, dan agar terlihat keren dan gaul. Jika remaja memposting foto selfie dengan tujuan misalnya mencari perhatian, agar terlihat ganteng atau cantik maka termasuk ke dalam kecenderungan narsisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan narsisme dengan motif memposting foto selfie di instagram pada remaja di SMA Negeri 1 Sidayu. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 1 Sidayu sebanyak 79 siswa, menggunakan tekhnik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan instrument skala likert. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan taraf kesalahan 5% dan metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data di peroleh nilai rhitung> rtabel (0,596> 0,221) dengan sig= 0,000;p <0,05, maka Ho di tolak dan Ha di terima. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima, ada hubungan positif yang signifikan antara kecenderungan narsisme dengan motif memposting foto selfie di instagram.
Koefisien korelasi menunjukkan bahwa ketika remaja mempunyai kecenderungan narsisme yang tinggi maka ia akan memposting foto selfie di instagram dengan berbagai macam motif. Sebaliknya jika remaja yang mempunyai kecenderungan narsisme rendah maka ia kurang memiliki motif memposting foto selfie di instagram. Hasil koefisien determinasi (Rē) variabel kecenderungan narsisme dengan motif memposting foto selfie di instargram pada remaja sebesar 0,355 maka variabel kecenderungan narsisme memiliki pengaruh 35,5% untuk memunculkan motif memposting foto selfie di instagram, 64,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian yang ikut mempengaruhi kecenderungan narsisme.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...