Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS 2 SD NEGERI CERME LOR

LEARNING BY USING THE FINGERMATHIC ADDITIVE MATERIAL AND REDUCTION class 2 SD STATE Cerme LOR

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:51
Oleh : Nur Hidayatul Mustafit
Dibuat : 2013-07-11, dengan 3 file

Keyword : Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Fingermathic
Url : http://lailatul.khusnah85@yahoo.com

ABSTRAK Dari hasil wawancara beberapa para peserta didik kelas 2 SD NEGERI CERME LOR menganggap bahwa dalam pembelajaran matematika disekolah peserta didik merasa kurang menyenangkan dan mengalami kesulitan dalam proses berhitung karena ketika ada penjumlahan satuan yang hasilnya lebih dari 10 biasanya salah atau lupa meletakkan angka yang disimpan dan ketika ada pengurangan dengan cara meminjam, peserta didik biasanya mengalami kesulitan. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan salah satu cara alternatif untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut yaitu pembelajaran metode fingermathic. Metode ini sangat mudah diterima anak. Mempelajarinya pun sangat mengasyikkan sehingga anak tidak merasa bosan, karena fingermathic tidak membebani memori otak dan “alat” nya selalu tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, dan respon belajar peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode fingermathic pada materi penjumlahan dan pengurangan dikelas 2 SD NEGERI CERME LOR. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD NEGERI CERME LOR tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 25 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan angket respon peserta didik. hasil dari penelitian pembelajaran dengan menggunakan metode fingermathic pada materi penjumlahan dan pengurangan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dikatakan sangat baik, ketuntasan belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran telah tuntas dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dikatakan positif. Karena dari tiga indikator tersebut kesemuanya tercapai, maka pembelajaran dengan menggunakan metode fingermathic pada materi penjumlahan dan pengurangan dinyatakan sangat baik.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRACT From interviews with some of the students grade 2 SD STATE Cerme LOR assume that learning in school mathematics students feel less fun and experience difficulties in the process of calculating the sum of the unit because when there are more than 10 results are usually wrong or forget to put the numbers stored and when there was a reduction by borrowing, learners usually have difficulty. Therefore, the researchers wanted to provide one alternative way to resolve the problem that the learning methods fingermathic. This method is very easy to accept the child. Study it was very exciting so kids do not feel bored, because fingermathic not overload the brain's memory and the "tool" is always available. The purpose of this study was to describe the teacher's ability to manage the learning, the learners during the learning activity, and the response of learners after implementing the learning fingermathic using addition and subtraction on the material in class 2 SD STATE Cerme LOR. This research is a descriptive study. The subjects were students grade 2 SD STATE Cerme LOR academic year 2012/2013 which consists of 25 students. Instrument in this study is the observation sheet teacher activity, observation sheet activity learners, learners and questionnaire responses. The results of the research study fingermathic using addition and subtraction on the material that the teacher in managing learning activities categorized as very good, activity during the learning of students said to be very good, mastery learning students during the learning has been completed and the response of the students towards learning are positive. Because of the three indicators are all achieved, then learning fingermathic using addition and subtraction on the material very well stated

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: admin perpustakaan UMG

Download...