Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2009

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI GROUP-TO-GROUP EXCHANGE (GTGE) PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP WALISONGO SEMBAYAT MANYAR GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:47
Oleh : NUR DAHLIA, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2009-10-20, dengan 1 file

Keyword : Hasil belajar peserta didik, Strategi group-to- group exchange (GTGE).;Student' achievements, group-to-group exchange (GTGE) Strategy

Keberhasilan suatu pendidikan berkaitan dengan masalah untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Proses pambelajaran akan efektif apabila peserta didik berpartisipasi di dalamnya dan peserta didik melakukan sebagian besar kegiatan pembelajaran. Salah satu cara membuat peserta didik belajar aktif adalah dengan membuat mereka bertanya dan berani mengemukakan pendapatnya. Strategi group-to-group exchange (GTGE) merupakan pembelajaran kelompok yang melatih peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok dan melatih peserta didik belajar sambil beraktivitas, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah komparatif yang bertujuan unuk mengetahui strategi group-to-group exchange (GTGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok segi empat di kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik yang terdiri dari tiga kelas VII-A, VII-B dan VII-C. Sedangkan sampel penelitiannya yaitu 30 peserta didik dari kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik dari kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen berupa soal tes. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik komparatif. Dari hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai sig (0,0005) <α(0,05), sehingga H1 diterima. Artinya Strategi group-to-group exchange (GTGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok materi segi empat di kelas VII SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik.

Deskripsi Alternatif :

Successful in education has relation with the process of teaching and learning in the school. This process will be effective if the students participate actively and do all activities in the classroom. One way to make them engage actively in the classroom is make students to give questions and opinion. Group-to-group exchange (GTGE) strategy is a strategy which divides students in group to make them cooperate as a team actively engage in classroom activities in order to improve students achievements. The design in this research is comparative, the purpose of this research is to investigate students' achievements using group-to-group exchange (GTGE) strategy in which consists of three classes, VII-A, VII-B and VII-C. While the sample is 30 students in VII-A as experimental class and 33 students in VII-C as control class. This reseach use test as the method and instrument. Data analysis technique used in this research is comparative statistical analysis. From t-test with significance 0,05 the writer get sig (0,0005) <α(0,05), in conclusion H1 is accepted. It means that group-to-group exchange (GTGE) strategy can be improvement in students' achievements in ”segi empat" subject to the 7 grade students of SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(15) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...