Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...

Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

MEMBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INTERAKTIF DAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI GEOMETRI KELAS IX SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-11-13 10:28:45
Oleh : NOERMA ANDRIYANI 08421008
Dibuat : 2013-11-13, dengan 4 file

Keyword : Model, Interaktif, Direct Instruction, Hasil Belajar Matematika

Pada umumnya, proses pembelajaran matematika masih terpusat pada guru. Guru
sangat mendominasi proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan cara
pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas tanpa
melakukan pengembangan variasi mengajar. Hal ini menyebabkan peserta didik
merasa jenuh, membosankan dan kurang aktif dalam belajarnya. Oleh karena itu
dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yang dapat membantu
keaktifan peserta didik dalam belajarnya yaitu model Interaktif dan Direct
Instruction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
perbedaan hasil belajar peserta didik antara model Intaraktif dan Direct
Instruction dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian adalah komparatif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP YPI
Darussalam 1 Cerme Gresik Tahun Ajaran 2013-2014. Sedangkan sampel dari
penelitian ini sebanyak 76 peserta didik (dua kelas) yang sebelumnya diuji
homogenitas dari 190 peserta didik lalu dipilih dengan teknik random sampling.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Istrumen
penelitian yang dipergunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik yang
sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data uji
normalitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis
data uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t, bersadarkan uji-t diperoleh bahwa
nilai sig = 0,011 lebih kecil dari pada taraf signifikan 0,05 sehingga berada pada
daerah penerimaan H1, artinya hasil belajar peserta didik yang memperoleh
pembelajaran model Interaktif berbeda dengan hasil belajar peserta didik yang
memperoleh pembelajaran model Direct Instruction.

Deskripsi Alternatif :

In general, the process of learning mathematics is still centered on the teacher.
Teacher are very dominate the learning process. Teachers use only instruction by
explaining how the subject matter and give the task without the development of
teaching variations. This causes student to feel bored, dull and less active in their
learning. Therefore in this study used two models of active learning that can assist
students in learning the model of Interactive and direct Instruction. The purpose of
this study was to determine the presence or absence of differences in learning
outcomes of student between the model of Interactive and Direct Instruction in
learning mathematics. This type of study was a comparative study. This study
population is all Grade 9th learners YPI Darussalam 1 SMP Gresik School Year
2013-2014. While the sample of this study as many as 72 student (two classes)
that were previously tested the homogeneity of the 190 student then selected by
random sampling technique. The method used is a method of documentation and
tes. The research instrument used was a matter of learning the test result of student
who had previously tested the validity and reliability. From the analysis of test
data normality was found that both classes of normal distribution test the
hypothesis that analysis of the data used are the t-test, based on the t-test found
that the value sig = 0.011 greater than the significant level is at 0.05 so that the
reception area of H1, means study of student who obtain learning Interactive
model is different from the result of study of student who obtain the Direct
Instruction.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id