Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Akuntansi . 2007

Pengukuran Laba Akuntansi Syari’ah dalam Menentukan Zakat di PT. BPR Syari’ah Amanah Sejahtera

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:44
Oleh : Ninis Aizzatin, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-06-09, dengan 2 file

Keyword : Pengukuran Laba Akuntansi Syari’ah




Akuntansi Syari’ah timbul seiring dengan perkembangan sistem ekonomi Islam. Dengan adanya konsep laba akuntansi syari’ah yang merupakan informasi laba dapat dijadikan sebagai dasar perhitungan zakat. Laba merupakan suatu ukuran untuk melihat kinerja suatu manajemen atas pengelolaan sumber daya dalam menjalankan usaha. Dalam menentukan laba diperlukan suatu konsep pengukuran sebagai proses penetapan jumlah uang untuk mengakui dan memasukkan setiap unsur laporan keuangan dalam neraca dan laporan laba rugi.

Tujuan dari akuntansi syari’ah bukan hanya untuk memperoleh laba tetapi untuk dikeluarkan zakatnya karena zakat merupakan hal yang sangat asasi dalam Islam, dimana zakat merupakan salah satu rukun Islam. Seperti yang diungkapkan oleh Rasulullah SAW., bahwa zakat dikenakan terhadap kekayaan yang dimiliki, termasuk didalamnya laba yang diperoleh dari kegiatan usaha (Q.S. 2 : 276)

Zakat yang dibayarkan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada Allah SWT., yang diaktualkan dalam bentuk pemerataan kesejahteraan terhadap manusia dan lingkungannya sebagai konsekuensi bahwa manusia merupakan khalifah Allah di muka bumi yang diberi amanah untuk mengelolah alam beserta isinya.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...