Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Manajemen . 2005

Analisis Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Bagian Keuangan di

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:42
Oleh : Muslihatul Ummah, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-05-21, dengan 2 file

Keyword : Kerja Karyawan Bagian Keuangan


Penelitian ini didasari oleh suatu fenomena semakin banyaknya kompetisi global dan perubahan kondisi perusahaan. Menjadikan budaya perusahaan sebagai kepribadian perusahaan ini menjadi penting sebagai bentuk pola tertentu yang menciptakan rasa persatuan, menentukan dan mengarahkan sikap dan perilaku pegawai dalam melakukan tugasnya, agar mampu bertahan hidup dalam suatu industri.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor budaya perusahaan yang meliputi filosofi perusahaan, norma perusahaan, peraturan perusahaan, nilai perusahaan dan iklim perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan secara individu dan bersama-sama. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui faktor budaya perusahaan yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan.
Hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah : bahwa faktor-faktor budaya perusahaan nyang meliputi filosofi perusahaan, norma perusahaan, peraturan perusahaan, nilai perusahaan dan iklim perusahaan secara individu dan bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap prestasi kerja karyawan bagian keuangan di PT. Waru Abadi Gresik. Norma perusahaan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan bagian keuangan di PT. Waru Abadi Gresik.
Alat analisis yang di gunakan adalah dengan model regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Ver. II. for Windows. Pengujian hipotesis dengan menggunakan ujit, uji f keduanya pada level of significan 5%, dan melihat nilai t hitung terbesar pada analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa faktor-faktor budaya perusahaan meliputi filosofi perusahan, norma perusahaan, peraturan perusahaan, nilai perusahaan dan iklim perusahaan secara individu mempengaruhi prestasi kerja karyawan, kesimpulan ini didasarkan pada nilai signifikansi pada masing-masing variabel, (X1) = 0,006 < 0,05 , (X2) = 0,001 < 0,05 , (X3) = 0,042 < 0,05 , (X4) = 0,000 < 0,05 , (X5) = 0,000 < 0,05 , dan kelima faktor budaya tersebut secara bersama- sama mempengaruhi prestasi kerja karyawan, kesimpulan ini didasarkan pada hasil perhitungan yang menunjukkan hasil nilai Fhitung sebesar 49,649 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Diantara faktor faktor budaya perusahaan tersebut, ternyata nilai perusahaan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan dengan nilai t hitung terbesar diantara yang lain yaitu sebesar 7,385.
Berdasarkan analisis tersebut, maka pihak atasan langsung bagian keuangan lebih memfokuskan pada peningkatan nilai perusahaan, sehingga karyawan akan lebih berprestasi.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...