Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2005

Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Konsep Perkalian dan Pembagian dengan cara bersusun pendek di Kelas IV SDN Masangan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:39
Oleh : Muhammad Su’udy , Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-02-28, dengan 2 file

Keyword : Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Perkalian dan Pembagian bersusun pendek.

Sekolah Dasar merupakan pendidikan pada level terrendah, diharap mampu membekali kemampuan dasar (baca-tulis-hitung) dan kemampuan berfikir siswa, guna dipersiapkan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Matematika dalam aspek ini mempunyai posisi yang penting, disamping sebagai pemberi bekal kemampuan berhitung juga pemberi bekal kemampuan nalar. Oleh karena itu matematika perlu ditanamkan secara kuat dan kokoh pada diri siswa pada jenjang pendidikan dasar (SD). Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Upaya mengatasi kenyataan ini, pembelajaran matematika sebaiknya dilakukan dalam suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu pembelajaran yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu Realistic Mathematics Education (RME) dalam bahasa Indonesia disebut Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Upaya ini dilakukan melalui pcnjelajahan berbagai situasi dan persoalan-persoalan "realistik" yakni yang berkaitan dengan realitas atau situasi yang dapat dibayangkan siswa.
Hipotesis secara teoritis pembelajaran matematika realistik merupakah salah satu alternatif yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian bersusun pendek di kelas IV SDN Masangan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.
Penelitian dilaksanakan di SDN Masangan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, khususnya pada pokok bahasan perkalian dan pembagian bersusun pendek, dengan membagi obyek penelitian menjadi dua kelas yaitu; (1) Kelas pembelajaran PMR sebanyak 19 siswa dan (2) kelas pembelajaran konvensional sebanyak 18 siswa. Analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan uji t .
Dari analisis hasil penelitian diketahui t’ = -4,4913 < -2,613 maka hipotesis ditolak dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa:”Mean populasi dari PMR lebih efektif dibanding Pembelajaran konvensional
Dengan hasil penelitian yang menunjukkan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di SDN Masangan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik lebih effektif, hendaknya para guru jangan segan-segan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada waktu melaksanakan tugas pembelajaran.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(21) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...