Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2005

PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DAN YANG DIBERI TUGAS INDIVIDU

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:39
Oleh : MUHAMMAD SHOLIHIN, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-02-28, dengan 2 file

Keyword : Tugas Kelompok, Tugas Individu, Persegi Panjang, Persegi.


Salah satu metode mengajar yang dapat memberi motivasi belajar siswa adalah metode pemberian tugas. Tugas yang diberikan guru pada umumnya dalam bentuk pekerjaan rumah ( PR ). Dengan tugas rumah ini seringkali siswa hanya meniru atau menyalin pekerjaan orang lain, sehingga pemberian tugas rumah kurang berfungsi sebagaimana yang diharapkan.
Dengan adanya kelemahan tersebut, perlu adanya pengalihan dari tugas rumah menjadi tugas kelas. Dengan pemberian tugas kelas, siswa akan termotivasi untuk lebih mempersiapkan diri sebelum tugas diberikan oleh guru. Teknik pelaksanaan tugas kelas dibagi menjadi dua yaitu tugas kelompok dan tugas individu . dengan pemberian tugas secara kelompok diharapkan siswa dapat berdiskusi dan saling membantu sehingga hasil belajarnya diharapkan lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diberi tugas individu.
Atas dasar tersebut, dilakukan penelitian tentang perbandingan antara hasil belajar yang diberi tugas kelompok dan yang di beri tugas individu pada pokok bahasan Persegi Panjang dan Persegi di kelas I SLTP Nurul Huda Kepatihan Gresik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diberi tugas kelompok lebih baik daripada hasil belajar yang diberi tugas individu.
Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 88 siswa, terdiri dari kelas I-B sejumlah 44 siswa dan kelas I-C sejumlah 44 siswa
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas yang diberi tugas kelompok dan yang diberi tugas individu tentang materi pelajaran yang sama. Berdasarkn hipotesis maka digunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji satu pihak ( Uji t ).
Dari analisis data yang diperoleh, rata-rata skor tes siswa yang diberi tugas kelompok  = 70,5 dan rata-rata skor tes siswa yang diberi tugas individu  = 55,86. Dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,668, sedangkan dari hasil perhitungan data skor tes diperoleh t hitung = 3,97. Karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, maka Ho ditolak, atau H 1 : 1 >2 , Di terima .
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diberi tugas kelompok lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diberi tugas individu.
Saran : Tugas kelompok sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...