Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2006

PERBANDINGAN NILAI MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTEGRATED LEARNING DENGAN KONVENSIONAL SISWA KELAS III MI YKUI MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2005 2006

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:42
Oleh : Mohammad Syahidin, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-04-22, dengan 2 file

Keyword : Nilai Matematika, Integrated Learning dan Konvensional.


Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai peranan yang sangat penting. Guru dalam proses pembelajaran harus dapat membuat kondisi kelas yang menunjang terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran matematika disekolah selama ini pada umumnya lebih bersifat klasikal dan konvensional telah meyebabkan siswa tumbuh dan berkembang, ibarat robot-robot kecil yang hanya berdasarkan perintah dan tugas yang diberikan oleh guru, serta pembelajaran yang terjadi cenderung bersifat pemindahan ilmu dari guru kesiswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran dimana siswa tertarik terhadap pelajaran matematika, proses pembelajarannya tidak membosankan serta evaluasi pembelajarannya membuat siswa berfikir, menghayati dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, pendekatan yang dapat mewujudkan hal itu diantaranya pendekatan integrated learning ( pembelajaran terpadu )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih baik nilai matematika antara menggunakan pendekatan intergrated learning dengan konvensional siswa kelas III MI YKUI Maskumambang Dukun Gresik Semester II Tahun Pelajaran 2005-2006.
Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua sekolah yaitu MI Putra dan MI Putri YKUI Maskumambang Dukun Gresik semester II tahun pelajaran 2005-2006 yang masing-masing terdiri dari 2 kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua sekolah sebagai sampel penelitian dengan menggunakan tehnik Random Sampling yaitu kelas III A MI Putri diberikan konvensional dan Kelas III A MI Putra diberikan pendekatan integrated learning.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data dengan cara mengambil data dokumen yang sudah ada, nilai rata-rata kelas dari kedua sekolah. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui nilai pembelajaran matematika siswa kelas III A MI Putra dan kelas III A MI putri YKUI Maskumambang,
Dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji t dahulu harus diketahui apakah sampel yang diambil berasal dari populasi yang berdistribusi normal atau tidak dan apakah sampel itu memiliki varian yang sama atau tidak (uji homogenitas). berdasarkan hasil analisis data uji t didapatkan nilai t hitung = 3,57 dan t tabel = 2,32 yaitu 3,57 > 2,32. maka Ho ditolak, dengan demikian berarti nilai matematika menggunakan pendekatan integrated learning lebih baik dari pada konvensional siswa kelas III MI YKUI Makumambang Dukun Gresik Semester II Tahun Pelajaran 2005 - 2006.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(3) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...