Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2010

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X MA MASYHUDIYAH GIRI KEBOMAS GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:50
Oleh : Luciana Puspitasari, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2010-06-30, dengan 1 file

Keyword : model pembelajaran reciprocal teching.;Keyword : Reciprocal teaching method

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui peningkatan mutu pendidikan baik peningkatan mutu pendidik maupun proses belajar mengajar. Peserta didik di sekolah MA Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik cenderung konsumtif dan guru bersifat dominan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan yang pada awalnya pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah model pembelajaran reciprocal teaching karena model pembelajaran ini memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari dengan jalan berperan aktif.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik, dan respon peserta didik.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A tahun ajaran 2009/2010 MA Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan “one shot case studi”.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan nilai rata-rata 78,13. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran dapat dikatakan aktif. Ketuntasan belajar peserta didik dikatakan tuntas karena ketuntasan belajar yang dicapai secara klasikal sebesar 91,49%. Peserta didik memberikan respon baik terhadap model pembelajaran reciprocal teaching.

Deskripsi Alternatif :

Knowledge and technology development make resources have a good quality. One of the ways to make human resources with a good quality is by improving education quality which consist of the quality of the teacher and teaching learning process. Most of the students of MA Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik are consumtif and teacher is dominant in teaching learning process so teacher is the center of the process. Because of this reason, teacher center must be changed as student center in teaching learning process. One of student center’s method is reciprocal teaching method, because it can give a chance to the students to find a concept which have teen learnt actively.
While the purpose of study is to describe teacher’s capability in teaching learning process, students activity in teaching learning process, target study of the student, and students respond.
This research is conducted at the fifth grade of MA Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik 2009/2010. This research is descriptive research by “one shot case study”.
The result of the research shows that teacher’s capability in teaching learning process is active. The target study can reach the target because the target study reached 91,49% of classically. Students give good responds to reciprocal teaching method.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(3) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...