Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Akuntansi . 2007

Analisis Variabel Akuntansi Dalam Memprediksi Nilai Perusahaan

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:44
Oleh : Ira Wijayanti, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-06-09, dengan 2 file

Keyword : Variabel Akuntansi



Nilai perusahaan yang dibentuk melalui indikator nilai pasar saham, sangat dipengaruhi oleh peluang-peluang investasi. Pengeluaran investasi memberikan sinyal positif tentang pertumbuhan perusahaan dimasa yang akan datang, sehingga meningkatkan harga saham sebagai indikator nilai perusahaan (signaling theory). Peningkatan hutang diartikan oleh pihak luar tentang kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban di masa yang akan datang atau adanya resiko bisnis yang rendah, hal tersebut akan direspon secara positif oleh pasar Brigham (1999). Peningkatan deviden dilakukan untuk memperkuat posisi perusahaan dalam mencari tambahan dana dari pasar modal dan perbankan. Deviden mengandung informasi atau sebagai isyarat (signal) akan prospek perusahaan (Roseff, 1982). Pendapat Roseff didukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Asquith dan Mullins (1983), bahwa pengumuman meningkatnya deviden telah meningkatkan return saham dan dapat digunakan untuk menangkal isu-isu yang tidak diharapkan perusahaan dimasa mendatang.
Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui apakah asset growth, asset size, leverage, liquidity, earning variability dalam memprediksi nilai perusahaan.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Penggunaan analisis regresi linier berganda dimaksudkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas asset growth, asset size, leverage, liquidity, earning variability terhadap variabel terikat nilai perusahaan.
Dalam pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 2,664 dan Ftabel sebesar 2,62 pada df 5 dan 24 dengan tingkat keyakinan () 0,05, maka Hipotesis nol ditolak dan Hipotesis alternatif diterima yang berarti bahwa asset growth, asset size, leverage, liquidity, earning variability berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan Dalam pengujian hipotesis secara partial dengan menggunakan uji t yaitu:Asset Growth (X1) diperoleh hasil t hitung sebesar -2,283 dan t tabel sebesar -1,711. Asset size (X2) diperoleh hasil thitung sebesar -0,501 dan ttabel sebesar -1,711 . Leverage (X3) diperoleh hasil thitung sebesar 0,238 dan ttabel sebesar -1,711. Liquidity (X4) Diperoleh hasil thitung sebesar -0,196 dan ttabel sebesar -1,711. Earning Variability (X5) diperoleh hasil thitung sebesar -1,354 dan ttabel sebesar -1,711 df (n-k-1 = 30-5-1=24) dengan tingkat keyakinan sebesar() 0,05 = 5%.
Perusahaan manufaktur di PT. Bursa Efek Surabaya dalam usahanya untuk meningkatkan nilai perusahaan hendaknya lebih memperhatikan asset growth sehingga pertumbuhan aktiva akan terkontrol.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...