Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEKNIK PROBLEM POSING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA PEUBAH DI KELAS VIII MTs. AL IBROHIMI MANYAR GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:50
Oleh : IMRO’ATUS SHOLIHAH
Dibuat : 2013-07-11, dengan 4 file

Keyword : Kata Kunci: Problem Posing, Kreativitas, Persamaan Linear Dua Peubah

ABSTRAK
Hakikat pendidikan adalah memanusiakan manusia itu sendiri, yaitu untuk membudayakan manusia. Pendidikan khususnya pelajaran matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang paling sulit dipahami bagi anak-anak, bahkan dianggap membosankan dan kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan pelajaran matematika membuat peserta didik kurang tertarik peserta didik pada pelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, yaitu dengan menerapkan problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika dengan teknik problem posing terhadap kreativitas peserta didik pada pokok bahasan sistem pesamaan linear dua peubah di kelas VIII MTs. Al Ibrohimi Manyar Gresik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif yaitu sebuah penelitian yang menggunakan angka yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidak adanya pengaruh antara variabel-variabel yang terlibat. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII C MTs. Al Ibrohimi Manyar Gresik tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan kreativitas peserta didik, dan tes hasil belajar dengan instrumen penelitiannya lembar tes.
Dari hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa nilai variabel X dan variabel Y mempunyai signifikansi sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan untuk uji linearitas diperoleh bahwa terdapat hubungan yang linear antara variabel dependen dan independen. Sedangkan untuk anaisis regresinya diperoleh bahwa variabel hasil belajar matematika dengan teknik problem posing mempunyai pengaruh yang positif terhadap kreativitas peserta didik, dengan koefisien korelasi sebesar , dan Nilai koefisien determinasi sebesar 0,779 yang menunjukkan bahwa sekitar 77,9% variabel hasil belajar matematika dengan teknik problem posing mempengaruhi perubahan variabel kreativitas peserta didik, sedangkan sisanya 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRACK

The nature of education is humanity of the human being it self, that is to culture of human. Education it self especially for learning mathematic. It is considering as the diffi cult subject to the students. Eventhough it is also make bored to the subject and less of the teacher’s delivery to the subject, so it makes the students don’t interest to learn. Furthemore, it needs a way to improve the students ability to solve the problems, that is by applying of “problem posing”, this research aim to know the influence of learning mathematic’s achieve ment using problem posing technique to the creativity of the students at linier equation system material in the eight grade students of Al Ibrohimi Manyar Gresik.

The kind of this research is kuantity correlational research, it is a research using number that the goal is to find whether there is ar not influence in involving variables. The sample of this research is all of the ninth grade students of Al Ibrohimi Manyar Gresik 2012-2013 period, and it consist of 36 students in to collect data of this research, the researcher uses observation or by viewing students creativit, and the Achievement test as an instrument of this research.

As A result of an analysis of normality data, variable X and Y score has a significant > a = 0,05 so, it can conclude that both of them came from normal distribution population, and to measure linearity, it got linear correlation between dependen and independent variable. While for analysis of reigration is achievement in learning mathematic variable using problem posing has an positive influence to the creativity of the students, with coefisiency correlation is that and determinate coeficlency score is 0,779. It proves that around 77,9 % has achievement in learning mathematic variable using problem posing technique and it give affected to the creativity of students variable, and for the rest is 22,1 % has influenced by another variable that doesn’t mention.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • nur dia, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...