Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Psikologi . 2015

Hubungan Kecerdasan emosi Dengan Agresivitas Remaja Pendukung PERSEGRES

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2017-08-10 20:41:44
Oleh : Imam Junaedi Kusuma
Dibuat : 2017-08-10, dengan 4 file

Keyword : Kecerdasan Emosi, Agresivitas

Sepak bola mampu menarik dan memobilisasi banyak orang sehingga berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Salah satu fenomena yang muncul dalam realitas sepak bola adalah hadirnya suporter. Suporter adalah seseorang yang secara sukarela ikut ambil bagian dalam memberikan dukungan, sokongan, dalam pertandingan (Alwi, dkk (2005) dalam Wicaksono, 2012:7). Suporter dianggap sebagai pemain ke-12 dalam sebuah pertandingan sepak bola, keberadaan mereka mampu menjadi penyemangat para pemain ketika bertanding, namun juga bisa menjadi boomerang bagi tim jika seringkali suporter merasa dikecewakan, yaitu dengan kekalahan tim dalam sebuah pertandingan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat hubungan Kecerdasan Emosi dengan Agresivitas pada Remaja Pendukung Klub Sepakbola Persegres (Ultrasmania) dan bagaimanakah pola hubungan tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif supaya dapat memperoleh signifikasi perbedaan kelompok atau signifikasi hubungan antar variabel-variabel yang diteliti. Populasi yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah remaja pendukung Persegres sebesar 5000 orang (Data anggota Ultrasmania) dan subyek yang diambil oleh peneliti adalah remaja yang menjadi anggota Ultrasmania berjumlah 300 responden pada usia antara 13 tahun sampai 17 tahun.
Angket ini menggunakan skala likert dengan pilihan jawaban serta skor yang mempunyai lima pilihan jawaban, yakni sangat setuju (SS)”, “setuju (S) ”, “cukup setuju (CS), “tidak setuju (TS)”, dan “sangat tidak setuju (STS)” Data dari kedua variabel diolah dengan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosi (X) dengan variabel agresifitas (Y) dihasilkan, Dengan taraf kepercayaan 5% (0,05) dan df = n – 2 = 300 – 2 = 298, maka dapat diperoleh harga r tabel sebesar 0,115. Hasil tersebut menggambarkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (-0,547 > 0,115) maka Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan agresifitas remaja pendukung persegres. Koefisien determinasi (R2) dari r = -0,547 = 0,2992. Artinya, R2 = 29,92% menginformasikan bahwa sumbangan kecerdasan emosi sebesar 29,92%. Sedangkan sisanya 70,08% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...