Path: Top . Journal . Psikosains . Vol I/Tahun III/Agustus 2007

PERAN MAKNA HIDUP PADA GEJALA POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER AKIBAT BENCANA ALAM DAN KONFLIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:22:25
Oleh : Ika Widyarini, Universitas Muhammadiyah Gresik ( ika_soewito@yahoo.co.uk)
Dibuat : 2008-04-07, dengan 1 file

Keyword : Makna hidup, Post-traumatic stress disorder, Bencana alam dan daerah konflik militer

Penelitian ini berupaya untuk mengamati peran makna hidup seseorang terhadap gejala PTSD akibat peristiwa traumatis, pada umumnya. Pada khususnya penelitian ini hendak mengetahui peran makna hidup masyarakat Aceh serta aspek-aspeknya terhadap gejala PTSD akibat bencana Tsunami dan konflik Daerah Operasi Militer. Post traumatic stress disorder (PTSD) adalah suatu gangguan kecemasan yang dapat terjadi setelah mengalami suatu peristiwa mengerikan yang membahayakan atau mengancam keselamatan fisik. Makna hidup dalam penelitian ini adalah berbagai aspek dalam diri individu yang mendasari segala tujuan hidup dan arah tindakan menuju pencapaian tujuan hidup, serta mendasari cara pandang terhadap kehidupan secara keseluruhan maupun secara khusus pada masalah tertentu dan biasanya mencakup aspek: keyakinan-keyakinan utamanya, tujuan hidup, nilai-nilai hidup dan pemaknaan subyektif kenyataan yang terjadi padanya
Populasi penelitian adalah orang Aceh dewasa yang mengalami dua peristiwa traumatis sedangkan sampel penelitian adalah 86 orang pengungsi di Banda Aceh. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala Makna Hidup dan Checklist Gejala PTSD. Dari analisa regresi dengan single predictor (makna hidup) dan multiple predictors (aspek-aspek makna hidup) dapat disimpulkan bahwa makna hidup tidak secara signifikan dapat digunakan untuk memprediksi gejala PTSD. Simpulan lain yang dapat diambil dari analisa korelasi adalah bahwa setiap individu memiliki kecenderungan respons yang sama terhadap peristiwa-peristiwa traumatis yang berbeda, semakin besar pemahaman makna hidup seseorang, semakin rendah gejala PTSD yang dirasakan serta peristiwa traumatis akan lebih memiliki pengaruh terhadap kecenderungan PTSD apabila menyangkut terganggunya nilai-nilai hidup seseorang.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...