Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2010

PENINGKATAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP ISLAM MANBAUL ULUM KEBOMAS GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:55
Oleh : IKA DYAH LESTARI, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2011-04-12, dengan 1 file

Keyword : Peningkatan Berfikir Kreatif Siswa, Pembelajaran Creative Problem Solving.;Enhanced of Student Creative Thinking, Creative Problem Solving Study

Pemahaman konsep materi yang akan diajarkan merupakan salah satu hal yang penting bagi peserta didik karena peserta didik dituntut untuk lebih memahami dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada dalam materi tersebut. Untuk itu, dalam mempelajari matematika tidak hanya dengan menghafal rumus tapi dibutuhkan pemikiran atau ide-ide yang baru dari peserta didik. Selain itu, pemberian tes pada awal pembelajaran dan di akhir pembelajaran guna untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa akan konsep materi yang diajarkan serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, pemberian permasalahan pada peserta didik mampu membuat peserta didik berfikir kreatif sesuai yang dia inginkan. Namun, hal itu kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran matematika di sekolah seperti pada SMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Untuk itu, diperlukan suatu upaya yang dapat memancing berfikir peserta didik serta mempermudah peserta didik dalam memahami konsep matematika dan memevahkan permasalahan soal-soal matematika yang ada pada materi perkalian faktorisasi suku aljabar. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran Creative Problem Solving
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah pembelajaran Creative Problem Solving dapat membantu siswa untuk dapat berfikir kreatif saat menyelesaikan permasalahan pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII-B SMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Jenis penelitian ini adalaha komparatif yaitu membandingkan hasil pre-test dengan hasil post-test guna mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah.. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji perbedaan yaitu uji t dengan bantuan SPSS 14,0. Dari hasil uji t tersebut diperoleh bahwa sig (0,000) <(0,05), yang artinya hasil nilai post-test lebih baik daripada pre-test pada VIII-B di SMP Islam Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil post-test lebih baik setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving.

Deskripsi Alternatif :

Comprehension of matter concept that be taught, be one of the important matter for entrant educates, because entrant educates to demanded to be more realize and can finish existing troubleshoot in matter. For that, in study mathematics not only with memorize a formula but need for thinking or new an idea from entrant educates. Besides that, test gift in the early study and at will end of study to know student comprehension ability of matter concept that is taught and student ability to finish a problem, troubleshoot gift to entrant educates can make entrant educate to think creative as he wants. But, that thing get less of attention in mathematics study at school likes in Islamic Junior High School of Manbaul Ulum Kebomas Gresik. For that, be need a efforts that can stimulate manner think of entrant educate and simplify entrant educate to realize mathematics concept and finish troubleshoot of mathematics exercise exist in multiplication of algebra tribe factor matter. One of them, by applying creative problem solving study.
This research aim to know what creative problem solving study can help student to think creative when finish troubleshoot in algebra tribe factor matter at viii-b class of Islamic Junior High School of Manbaul Ulum Kebomas Gresik. This kind of research is comparative that is compares a result of pre-test with a result of post-test to know the enhanced of creative thinking student ability to finish a problem. As to instrument that used in this research is test exercise. The data analysis technique in this research is difference test that is t test constructively SPSS 14,0. from the result of t test, got that sig (0,000) < (0,05), that mean the result value of post-test better than pre-test in viii-b class of Islamic Junior High School of Manbaul Ulum Kebomas Gresik. Thereby can be concluded that the result of post-test be better after mathematics study applied with creative problem solving model study.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(9) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...