Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2009

PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA MATERI POKOK SEGITIGA DI KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 07 CERME GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:43
Oleh : HUSNUL HOTIMAH, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Dibuat : 2010-01-19, dengan 1 file

Keyword : pembelajaran, penilaian kinerja (performance assessment).; Learning, Performance Assessment

Untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa diperlukan alat yaitu
penilaian. Dalam KTSP penilaian yang diterapkan adalah penilaian berbasis kelas
(PBK). Dari kelima jenis Penilaian Berbasis Kelas, salah satunya adalah Penilaian
Kinerja (performance assessment). Penilaian kinerja merupakan penilaian yang
dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penilaian kinerja (performance
assessment) karena tugas-tugas pada penilaian kinerja lebih menekankan kepada
kemampuan siswa memecahkan masalah, komunikasi, hubungan konsep
matematika dengan disiplin ilmu lain bahkan dengan kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian penilaian kinerja dapat mengevaluasi apa yang dapat dilakukan
siswa dan informasi pengetahuan yang telah diperoleh siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas kinerja, kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran dengan menggunakan penilaian kinerja (performance
assessment) pada materi segitiga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian
adalah siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 07 Cerme Gresik tahun ajaran
2008/2009 yang terdiri dari 40 siswa.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan
siswa dalam menyelesaikan tugas kinerja pada materi pokok segitiga dapat
dikatakan berhasil. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan
menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) dikategorikan baik
dengan nilai rata-rata sebesar 80,30.

Deskripsi Alternatif :

To measure student learning outcomes assessment is needed tools. In KTSP
applied assessment is Class-Based Assessment (EAP). Of the five types of Class-
Based Assessment, one of which is the Performance Assessment. Performance
appraisal is an assessment conducted by observing the activities of learners in
doing something.
In this study researchers used performance assessment for the tasks in the
performance assessment is more emphasis on students' problem-solving skills,
communication, relationship with math concepts from other disciplines and even
with everyday life. Thus the performance assessment can evaluate what can be
done and the information students have acquired knowledge of students.
The purpose of this research is to determine the level of student success in
completing the task performance, the ability of teachers to manage learning by
using performance assessment on the material triangle.
This research is a descriptive research with the research subject is the
Seventh-graders in junior high school A 07 Cerme Muhammadiyah Gresik
2008/2009 academic year consisting of 40 students.
From the results of data analysis can be concluded that the level of student
success in completing tasks on the performance of the subject matter can be said
to succeed triangle. The ability of teachers to manage learning by using
performance assessment are categorized either by an average score of 80.30.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(9) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...