Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN RODA PUTAR PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA I KEPATIHAN MENGANTI GRESIK POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SIMETRIS

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-11-07 13:21:17
Oleh : HERLINA AGUSTIN 09422035
Dibuat : 2013-11-07, dengan 4 file

Keyword : TGT, roda putar, bangun datar simetris

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting
untuk dipelajari kerena memiliki banyak manfaat. Meskipun banyak keuntungan
mempelajari matematika, kenyataannya masih banyak peserta didik yang kurang
berminat mempelajari matematika.Hal ini dikarenakan pembelajaran masih
menggunakan metode yang kurang diminati oleh peserta didik. Untuk itu
dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar serta
meningkatkan hasil belajar matematika. Salah satunya yaitu metode pembelajaran
team games tournament dengan menggunakan roda putar.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang peningkatan
hasil belajar peserta didik, ketuntasan belajar dan respon setelah penerapan
pembelajaran teams games tournament menggunakan roda putar.
Tempat penelitian ini adalah di MI Nurul Huda I Kepatihan Menganti
Gresik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Huda I
Kepatihan Menganti Gresik semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Materi
yang diajarkan adalah pokok bahasan bangun datar simetris Instrumen penelitian
berupa lembar tes (tes awal dan tes akhir) berupa uraian berjumlah 10 soal dan
angket respon peserta didik berjumlah 10 item.
Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut: a. Ketuntasan
Klasikal belajar mata pelajaran matematika sebesar 71,43%. b. Nilai t hitung
berada di daerah penolakan Ho atau t hitung (21,5998) > t tabel (1,7247),
sehingga diperoleh keterangan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta
didik setelah diterapkan pembelajaran teams games tournament menggunakan
roda putar. c. Sikap tiap responden (peserta didik) terhadap pembelajaran teams
games tournament menggunakan roda putar tersebar pada kategori positif .
Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran teams games tournament dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik serta dapat mencapai ketuntasan secara
klasikal dan mendapat respon positif dari peserta didik.

Deskripsi Alternatif :

Mathematics is one of the most important science to be learned because they have
many benefits. Despite the many advantages learn mathematics, in fact there are
many students who are less interested in learning mathematics because learning
mathematics still using methods that are less attractive to learners. That requires
learning method that can increase interest in learning mathematics and improve
learning outcomes. One of them is the method of learning team games
tournament with rotary wheels.
The purpose of this research is to describe about the increase in student learning
outcomes, mastery learning and response after application of learning teams
tournament games using a rotary wheels.
This study is descriptive and comparative describe and compare the initial test and
final test subject up flat symmetrical. Subjects were fourth grade students MI
Nurul Huda I Kepatihan Menganti Gresik second semester of academic year
2012-2013. The material taught is the subject of the research instrument up a
symmetrical flat sheet test (initial test and final test) a description totaling 10
questions and questionnaire responses of students totaling 10 items.
Results of data analysis showed the following: a. Classical mastery learning
mathematics by 71.43%. b. T value is in the region of rejection of Ho or t
(21.5998)> t table (1.7247), in order to obtain information that an increase in the
study of students after the applied learning teams tournament games using a rotary
wheel. c. Attitude of each respondent (the students) tournament games against
teams learning to use the rotary wheels turn spread the positive category.
This suggests that learning teams tournament games can improve student learning
outcomes and to achieve mastery in the classical and received a positive response
from the students

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...