Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-FATICH TAMBAK OSOWILANGON

THE EFFECT OF COOPERATIVE TYPE THE LEARNING CELL LEARNING MODEL TOWARDS STUDENTS PARTICIPATION OF GRADE VII AT MTS AL-FATICH TAMBAK OSOWILANGON

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2017-08-10 22:13:31
Oleh : HANDAYANI KUSUMA DEWI
Dibuat : 2016-08-02, dengan 4 file

Keyword : cooperative type the learning cell, active learners

Salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran adalah pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran karena dalam pembelajaran ini peserta didik saling bertanya jawab dengan pasangan sebayanya. Peserta didik juga menjadi lebih mandiri karena mereka mencari informasi sendiri melalui bacaan yang dibacanya.
Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Fatich Tambak Osowilangon Surabaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Fatich yang berjumlah 128 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Dalam hal ini angket digunakan untuk mengetahui data keaktifan peserta didik setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Angket diberikan pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu pada kelas VII C yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dan pada kelas VII D yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Dari hasil analisis data uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari populasi yang homogen, dan dari analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t Dua Sampel Independen. Berdasarkan Uji-t Dua Sampel Independen diperoleh bahwa nilai sig=0,00<0,05 artinya keaktifan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell lebih baik dari keaktifan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell terhadap keaktifan peserta didik.

Deskripsi Alternatif :

One of the problems in the learning process is the selection of a less appropriate learning methods, the learning process which is still centered on the teacher to make students become less active in learning. Cooperative learning model of the learning type of cell could be one of the alternatives to increasing activeness of the learners in the learning process because here the students asked each other with couples them. Students also become more independent as they seek information themselves through literature they read.
This research was conducted at MTs Al-Fatich Tambak Osowilangon. The population in this study i.e. the entire learners class VII MTs Al-Fatich that amounted to 128 students. Data collection methods used in this study is a questionnaire method. In this case, the questionnaire used to determine the data from the active learners after learning process is implemented. Questionnaires given to two classes, namely the research samples at VIIC class that uses the model learning cell of cooperative learning and in VIID class that uses of conventional learning.
From the analysis of the homogeneity test data indicates that the data derived from homogeneous populations, and from the analysis of data normality test showed that both classes of normally distributed so that the analysis of the data used to test the hypothesis using two independent sample t-test. Based on it that sig = 0.00 <0.05 means that active learners who use cooperative learning model the learning cell is better than active learners who use conventional learning so that it can be said that there are significant influence from the model of cooperative learning cell to active learners.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Nourma Riftitah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...