Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Manajemen . 2007

ANALISIS PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK CLUB DAN SWA DI KECAMATAN KEBOMAS

Analysis of Difference of Consumer Atitude For Attribute of Product of Drinking Water In Tidiness of CLUB Brand And SWA Brand in Sub district Keboma

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:42
Oleh : GANDHI KUSUMA BAKTI, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-04-24, dengan 2 file

Keyword : Atribut Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek CLUB Dan SWA; Atitude For Attribute of Product of Drinking Water In Tidiness of CLUB Brand And SWA Brand


Penelitian ini didasari oleh suatu fenomena Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pada saat ini semakin menggiurkan, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk, tingkat ketergantungan masyarakat pada air minum dalam kemasan semakin tinggi dan seakan menjadi bagian dari gaya hidup modern kita serta sebagai alternative cara hidup sehat. Minuman ini dimana-mana seperti sudah menjadi kebutuhan. Di warung, rumah, sekolah, di tengah kemacetan apalagi saat dahaga selepas melakukan aktivitas atau berolahraga.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap konsumen atas atribut merek, label, kemasan, dan Kinerja air minum dalam kemasan merek CLUB dan SWA di kecamatan Kebomas.
Hipotesis yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini adalah : bahwa Terdapat perbedaan sikap konsumen atas atribut merek, label, kemasan, dan Kinerja air minum dalam kemasan merek CLUB dan SWA di kecamatan Kebomas.
Alat analisis yang digunakan untuk melihat sikap masyarakat terhadap masing-masing atribut adalah model Multi Atribut Fishbein. Sedangkan untuk membedakan sikap masyarakat atas masing-masing atribut menggunakan teknik analisis statistik Mann-Whitney U-Test dengan bantuan program SPSS Ver.12.
Dari hasil analisis menggunakan multi atribut Fishbein menunjukkan bahwa sikap responden secara keseluruhan untuk atribut merek AMDK CLUB adalah baik (32.74), sedangkan sikap responden untuk atribut merek AMDK SWA adalah biasa (31.10).Untuk atribut Label, bahwa sikap responden AMDK CLUB adalah biasa (44.20) dan untuk AMDK SWA juga biasa (43.54). Untuk Kemasan bahwa sikap responden atas AMDK CLUB adalah biasa (48.86), dan untuk AMDK SWA juga biasa (41.96). Untuk Kinerja bahwa sikap responden untuk atas AMDK CLUB adalah baik (57.12), sedangkan untuk AMDK SWA adalah baik (48.20). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa sikap konsumen AMDK CLUB dan SWA tidak terdapat perbedaan sikap konsumen atas atribut merek dengan angka signifikansi 0.355 > dari 0,05, tidak terdapat perbedaan sikap konsumen atas atribut label, dengan angka signifikansi 0,0.719 > dari 0,05. terdapat perbedaan sikap konsumen atas atribut kemasan dengan angka signifikansi 0,044 < dari 0,05 dan terdapat perbedaan sikap konsumen atas atribut kinerja dengan angka signifikansi 0,004 < dari 0,05.
Mengingat begitu kompleksnya masalah perilaku konsumen serta adanya perbedaan sikap yang ada pada masyarakat, maka setiap perusahaan khususnya pada industri AMDK seharusnya jeli dalam memahami keinginan (want) dan kebutuhan (needs) konsumen/masyarakat. Karena dengan demikian perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai kebutuhan (needs) dan keinginan (want) mereka yang akan dijadikan dasar dalam melakukan inovasi produk.

Deskripsi Alternatif :

This research is constituted by phenomenon of Business of Drinking Water In Tidiness ( AMDK) at the moment progressively bewitch, because requirement of drinking water will increasing along with resident growth, mount the society depending at drinking water in excelsior tidiness and will become the part of our modern life style and also as healthy alternative way of living. This beverage at all points like have become requirement. In booth, house, school, in the middle of jam of and surely thirst moment as free as doing/conducting activity or have athletics.
Research target is to know there is do not it him difference of consumer attitude for brand attribute, lable, tidiness, and Performance of] rinking water in tidiness of CLUB brand and SWA brand in sub district Kebomas.
Hypothesis which researcher formulate in this research is : that There are difference of consumer attitude for brand attribute, lable, tidiness, and Performance of drinking water in tidiness of CLUB brand and SWA brand in sub district Kebomas.
Analyzer used to see the society attitude to each attribute is model of Multi of Attribute Fishbein. While to differentiate the society attitude for each attribute use the statistical analysis technique of Mann-Whitney U-Test constructively program the SPSS Ver.12.
From result analysis to use the multi of attribute Fishbein indicate that the responder attitude as a whole for the attribute of brand of AMDK CLUB is goodness ( 32.74), while responder attitude for the attribute of brand AMDK of SWA brand is habit ( 31.10). for Lable attribute, that attitude of responder of AMDK CLUB is habit ( 44.20) and for the AMDK OF SWA brand ordinary also ( 43.54). For the Tidiness of that responder attitude for AMDK CLUB is habit ( 48.86), and for the AMDK SWA brand ordinary also ( 41.96). For the Performance of that responder attitude to for AMDK CLUB is goodness ( 57.12), while for the AMDK SWA brand is goodness ( 48.20). Pursuant to result analysis the data indicate that the attitude of consumer of AMDK CLUB and SWA brand do not there are difference of consumer attitude for brand attribute with the number significant 0.355 > from 0,05, do not there are difference of consumer attitude for lable attribute, with the number significant 0,0.719 > from 0,05. there are difference of consumer attitude for tidiness attribute with the number significant 0,044 < from 0,05 and there are difference of consumer attitude for performance attribute with the number significant 0,004 < from 0,05.
Considering so its complex is behavioral problem of consumer and also the existence of attitude difference of exist in society, hence each; every company specially at industry AMDK ought to be brooding in comprehending desire ( want) and requirement ( needs) consumer / society. Because thereby company will get the picture of concerning requirement (needs) and desire ( want) those who will be made by base in doing/conducting product innovation.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...