Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PENERAPAN METODE MIMIKRI DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF PADA PENGAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-11-06 12:39:31
Oleh : FARIKHATUL AZIZAH NIM : 09 421 034
Dibuat : 2013-11-06, dengan 4 file

Keyword : metode mimikri, Model pembelajaran kooperatif, nalar kritis

Ketika pembelajaran matematika berlangsung, seorang guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja, tetapi juga harus mampu menarik minat peserta didik untuk belajar. Ia juga harus dapat mengarahkan peserta didik untuk memahami dan mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Jadi tugas guru adalah memilih dan menerapkan metode/strategi/pendekatan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif, kreatif, kritis dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Salah satu metode yang dapat mengaktifkan peserta didik dan memacu nalar kritis peserta didik adalah metode mimikri, yang meliputi: mengeksplorasi, mengaplikasikan konsep, dan refleksi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, respons peserta didik dan ketuntasan belajar peserta didik setelah penerapan metode mimikri dengan pembelajaran model kooperatif pada pengajaran matematika materi persegi dan persegi panjang di kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Bungah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan desain one-shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Bungah yang berjumlah 37 peserta didik dan guru pengajar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen penelitian pada penelitian ini berupa lembar pengamatan, tes hasil belajar, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran termasuk dalam kategori baik, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tercapai, dan respons peserta didik termasuk dalam kategori baik.

Deskripsi Alternatif :

When mathematics learning takes place, a teacher not only convey the subject matter, but also must be able to attract the students to learn. He also must be able to direct the students to understand and apply mathematical concepts in real life. So the task of the teacher is to choose and implement methods / strategies / learning approaches that can make learners active, creative, critical and capable of working with other people. One method that can enable students and learners to spur critical reasoning is a method of mimicry, which include: exploring, applying concepts, and self-reflection. The purpose of this study was to describe the teacher's ability to manage the learning, the activity of the learner, learner response and completeness of learners after the application of the method mimicry model of cooperative learning on mathematics teaching materials square and rectangular in class SMP Muhammadiyah 5 Bungah. This study includes a descriptive study by one-shot case study design. The subjects were students grade in SMP Muhammadiyah 5 Bungah totaling 37 students and teacher educators. Methods of data collection in this study are observation, test, and questionnaire. Research instrument in this study are the observation sheet, achievement test and the studentís questionnaire response sheet. Results from this study is the ability of teachers to manage very well categorized, studentís activities included in good categories, the learning result classically is reached, and the studentís response included in good categories.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...