Print ...

Kontributor...

  • Lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...

Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI ARIAS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SUB MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII-A SMP MU’ALLIMAT NU GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:59
Oleh : FADHILATUL ILMIAH 09.421.012
Dibuat : 2013-10-17, dengan 4 file

Keyword : pembelajaran efektif, Strategi ARIAS, Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya motivasi peserta didik. Motivasi ini sangat dibutuhkan peserta didik pada keseluruhan proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya inovasi strategi dan model pembelajaran, sehingga pembelajaran tersebut bisa efektif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran yang menggunakan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan rancangan ”One short case study”. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Mu’allimat NU yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw dikatakan aktif, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal pada pembelajaran dengan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw adalah tuntas, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw adalah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi ARIAS dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada sub materi pokok Himpunan di kelas VII-A SMP Mu’allimat NU Gresik dinyatakan efektif.

Deskripsi Alternatif :

One of the problems in mathematics is the low motivation of students. This motivation much needed of students in the over all learning process. For that we need the innovation strategies and models of learning, so that learning can be effective. One of the learning strategies that can be used to solve the problem is the ARIAS strategy in the Jigsaw cooperative learning. The purpose of this study was to describe the teacher's ability to manage the learning, activities of students during learning, mastery learning students, and the response of students to learning using cooperative learning in the ARIAS strategy in the jigsaw cooperative learning. This researching is the descriptive research with a draft "One short case study". The researching subjects students of VII-A junior high school Mu'allimat NU Gresik about 36 students. Data collection methods used were observation, tests and questionnaires with research instruments observation sheet management of learning, observation activity sheets of students, learning about the test results and questionnaire responses of students. Results of data analysis showed that: the teacher’s ability to manage the learning well categorized, activities of students during learning activities in the ARIAS strategy in the Jigsaw cooperative learning said to be active, mastery learning of students classical in the strategy ARIAS in the Jigsaw cooperative learning is complete, and the responses of students to wards learning in the ARIAS strategy in the Jigsaw cooperative learning is positive. It can be concluded that the use of ARIAS strategy in the Jigsaw cooperative learning on the of sub-class subject matter set in VII-A junior high school Mu'allimat NU Gresik declared effective.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id