Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Manajemen . 2005

Product Positioning Suzuki Smash atas Pesaingnya Di Kecamatan Gresik

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:40
By : Erna setiawati, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib@umg.ac.id)
Created : 2008-02-29, with 2 files

Keyword : Product Positioning

Keberhasilan suatu produk yang ditawarkan pada pasar sasaran tergantung pada seberapa baik produk tersebut diposisikan dalai pasar (Walker, dkk 1999 ; 193) oleh karena itu positioning berhubungan erat dengan kesesuaian penerimaan suatu penawaran produk dengan pasar yang ditujuh. Positioning akan lebih penting apabila merek produk-produk yang bersaing tampak sama dibenak konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi sepeda motor Suzuki Smash dibanding pesaingnya,yaitu Suzuki Shogun, Honda Supra,Honda Karisma, Yamaha Vega, Yamaha Yupiter dan merek sepeda motor non jepang (Tossa) di Kecamatan Gresik.
Atribut-atribut yang dibandingkan meliputi : Atribut Keiritan,Kenyamanan, Perawatan, Kehandalan mesin, Suku cadang dan Harga jual kembali.
Penelitian ini menggunakan metode Survei dengan menggunakan Kuisioner sebagai instrumen penelitian.
Alat analisis yang digunakan adalah dengan Correspondance Analysis, dengan bantuan Minitab 13,2 for Windows.
Hasil perhitungan Penilaian responden terhadap tingkat kepentingan atribut sepeda motor menunjukkan bahwa sebagian besar responden menganggap atribut Keiritan (83,4 %) sebagai atribut yang sangat penting dalam pembelian sepeda motor, Kenyamanan (69,1 %), Perawatan (70,8 %), Kehandalan Mesin (59,2 %), Suku Cadang (41,7 %) dinilai sebagai atribut yang penting dalam pembelian sepeda motor. sedangkan atribut harga jual kembali (46,7 %) dinilai cukup penting dalam pembelian sepeda motor.
Dengan melihat Symmetric Plot, dapat diketahui bahwa posisi Suzuki Smash berdekatan dengan atribut keiritan, dan harga jual kembali. Artinya konsumen mempersepsikan Suzuki Smash konsumsi bahan bakarnya irit dan harga jualnya tinggi. Produk yang mengelompok dengan Suzuki Smash adalah Honda Supra dan Honda Karisma. Artinya dari keenam produk pesaing, Honda Supra dan Honda Karisma adalah pesaing terdekat dalam hal keiritan dan harga jual kembali. Tossa terlihat berjauhan dengan keenam produk dan hanya atribut suku cadang yang mengelompok dengan Tossa. Artinya Tossa tidak memiliki pesaing terdekat. Suzuki Shogun, Yamaha Vega, Yamaha Yupiter, mengelompok dengan atribut perawatan, kenyamanan dan kehandalan mesin. Artinya Suzuki Shogun, Yamaha Vega, Yamaha yupiter, pesaing terdekat dalam hal atribut perawatan, kenyamanan, dan kehandalan mesin.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJIPPTUMG
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Gresik
Contact Nameadmin@umg.ac.id
AddressJl. Sumatera
CityGresik
RegionJawa Timur
CountryIndonesia
Phone
Fax
Administrator E-mailAdmin@umg.ac.id
CKO E-mailAdmin@umg.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor: sadikan

Downnload...