Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA FILM DAN ALAT PERAGA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN, VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs. NURUL ISLAM PONGANGAN

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2014-03-07 14:31:17
Oleh : ENY SORO PRASTUTIK 07.421.032
Dibuat : 2014-03-07, dengan 4 file

Keyword : Perbandingan Hasil Belajar, Media, Film, Alat Peraga, Luas Permukaan, Volume, Kubus dan Balok

Sebagian besar peserta didik menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati, oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk memanipulasi suasana pembelajaran sehingga suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkansehingga proses pembelajaran didalam kelas tidak berjalan secara monoton. Maka dari itu peneliti menggunakan media film dan alat peraga untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media film dan alat peraga. Dalam membandingkan hasil belajar, peneliti menggunakan uji t dua sampel independen (Independent-samples t test). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B dan VIII C MTs. Nurul Islam Pongangan. Hasil pembelajaran matematika menggunakan media film dan alat peraga pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok tidak berbeda. Hal ini disababkan karena setiap media memiliki kelebihan masing-masing.

Deskripsi Alternatif :

Most of the students think mathematics is one subject that is difficult and less desirable. Therefore, itís important for a teacher to manipulate the learning environment. So that, learning becomes fun. One way to create a fun learning is to use the media. So that, learning is fun in the learning process is not running a monotone class. This, researchers using film media and particle equipment to make learning mathematics fun. The purpose of this study was to compare the learning result of students after participating in learning by using film media and particle equipment. In comparing the results of study, researchers used two independent samples t-test ( independent samples t-test ). This type of researches a comparative study. Sample of this study was 8th grade B students and C students of Islamic junior high school Nurul Islam Pongangan. Mathematics learning results using film media and particle equipment on the material of surface area and volume cube and block is no different. Thus, because each medium has its advantages.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...