Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2017

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK

THE EFFECT OF REACT LEARNING STRATEGY TO STUDENT UNDERSTANDING MATHEMATICS CONCEPT AT SMP NEGERI 2 CERME GRESIK IN IX GRADES

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2018-03-01 08:11:22
Oleh : Eka Meliana Wati
Dibuat : 2018-03-01, dengan 4 file

Keyword : Strategi Pembelajaran REACT, Pemahaman Konsep Matematika

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Cerme Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Cerme Gresik tahun pelajaran 2017-2018, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 30 peserta didik kelas IXC sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas IXG sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan sebagai tes pemahaman konsep matematika adalah 4 butir soal uraian berbentuk uraian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Hal ini dapat dilihat rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 76,2, sedangkan kelas kontrol hanya 71,3. Begitu juga dengan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen yang menunjukkan nilai α = 0,05 , didapatkan nilai sig (2-tailed) pada baris Equal Variances assumed = 0,034 <α (0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian, pembelajaran matematika pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Deskripsi Alternatif :

It is a quantitative study which the purpose of this study is to understanding effect of REACT learning strategy to student understanding mathematic concept of SMP Negeri 2 Cerme Gresik in IX Grades. The method used in this research is quasy experiment method.
The population of this study is all of the student at IX grade of SMP Negeri 2 Cerme Gresik at 2017 – 2018 academic year, meanwhile the sample is 61 students of IX grade. The sample is 30 students at class IX-C as experiment class and 31 students at class IX-G as control class. The research instrument used is a matter of understanding mathematics concept is 4 essay types.
The result of the research shows that the students that are taught by REACT learning strategy (experiment class) have a higher understanding mathematics concept than those that are taught by using expository learning strategy (control class). It can be seen from the average score achieved in experiment class is 76,2, while the average score achieved by those in control class is 71,3. As well as results of data analysis using the t-test two independent samples showing the value α = 0,05, have a value sig (2-tailed) on row Equal Variances assumed = 0,034 <α (0,05), and then H0 rejected. Based on the research finding, It can summed up that teaching “ kesebangunan and congruent“ topic on mathematics subject by using REACT learning strategy gives a effect on students understanding mathematics concept.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, A.Md., Editor: admin perpustakaan UMG

Download...