Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Manajemen . 2005

ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRAMUNIAGA PADA PT RAMAYANA LESTARI SENTOSA Tbk GRESIK

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:43
Oleh : Dwi Widyawati, Universitas Muhammadiyah Gresik (digilib.umg.ac.id)
Dibuat : 2008-05-24, dengan 2 file

Keyword : PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL


Kecerdasan emosional sangat mempengaruhi kehidupan seseorang secara keseluruhan mulai dari kehidupan dalam keluarga, pekerjaan sampai interaksi dengan lingkungan sosialnya. Oleh karenanya kecerdasan emosional berpengaruh juga pada cara seseorang menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari–hari baik dalam kehidupan keluarga pekerjaan, juga interaksi dengan lingkungan sosialnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menengetahui faktor kecerdasan emosional yang terdiri dari intrapersonal, interpersonal, penyesuaian diri, pengendalian stres, suasana hati umum secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pramuniaga PT. Ramayana Lestari Sentosa Gresik
Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS ver 11 for windows
Berdasarkan hasil pengujian pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, maka secara parsial kelima variabel kecerdasan emosional masing masing memiliki pengaruh yaitu variabel intrapersonal (X1) sebesar 4,039, Variabel interpersonal (X2) sebesar 3,918, Variabel penyesuaian diri (X3) sebesar 3,340, Variabel pengendalian stress (X4) sebesar 2,506, dan Variabel suasana hati umum (X5) sebesar 3,510 terhadap kinerja karyawan pramuniaga, sehingga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk Gresik.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 11.0 for windows bahwa uji simultan kelima variabel kecerdasan emosional terlihat bahwa Fhitung kelima variabel kecerdasan emosional yaitu intrapersonal, interpersonal, penyesuaian diri, pengendalian stress, suasana hati umum lebih besar dari F tabel (261,715 > 2,29) dengan probabilitas lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa komponen kecerdasan emosinal yang terdiri yaitu intrapersonal, interpersonal, penyesuaian diri, pengendalian stress, suasana hati umum secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk.
Hasil penelitian ini hanya membahas mengenai kecerdasan emosional dari sudut pandang para ahli, sehingga kemungkinan adanya kecerdasan emosional dari sutu organisasi oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam untuk melibatkan faktor–faktor lain dari kecerdasan emosional mungkin kinerja dari sudut pandang organisasi serta menentukna responden yang sangat membutuhkan kecerdasan emosional dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Gresik
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: amirah

Download...