Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI LIMIT FUNGSI MELALUI PENGGUNAAN LKS KELAS XI MA HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:40
Oleh : DWI IRMAWATI 09421026
Dibuat : 2013-09-02, dengan 4 file

Keyword : pembelajaran efektif, tutor sebaya, limit fungsi, LKS

Sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika merupakan mata
pelajaran yang sulit dibanding dengan mata pelajaran lain.Ditambah lagi dengan penjelasan
dari guru mereka yang membingungkan.Untuk itu seorang guru perlu mengadakan variasi
dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan bisa efektif. Maka dari itu
peneliti menggunakan pembelajaran tutor sebaya yang dipadukan dengan LKS sebagai
pendukung pembelajaran agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar
matematika.Karena dengan pembelajaran tutor sebaya ini peserta didik lebih mudah
memahami penjelasan temannya tantang materi dengan bahasa yang mudah. Sehingga
mereka mengerti dengan baik tentang materi yang dipelajari.
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankemampuan guru
dalammengelolapembelajaran, aktivitaspesertadidik, hasilbelajarpesertadidik, serta
responpesertadidik terhadap pembelajarantutor sebaya melalui penggunaan LKS pada materi
limit fungsi aljabar.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI IPA MA Hidayatul Ummah Balongpanggang tahun 2012/2013 yang
berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilakukan dua kali pertemuan dengan pembelajaran
tutor sebaya dan satu kali tes hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan
pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar
dan angket respon peserta didik.
Hasilanalisis data menunjukkan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 92,65.Aktivitaspesertadidikdalam pembelajaran
tutor sebaya melalui penggunaan LKS memenuhuikriteria aktif lebih dari 50% yaitu pada
prosentase 71,72%. Untuk hasil belajar peserta didik secara individu dengan nilai ≥ 75, dan
secara klasikal telah mencapai lebih dari 80% yaitu sebesar 81,25%, dan untuk respon
peserta didik dinyatakan respon mereka positif dengan rata-rata peserta didik menjawab
“Ya” lebih dari 50% yaitu sebesar 76,79%. Karena dari empat indikator tersebut seluruhnya
telah terpenuhi maka pembelajaran tutor sebaya melalui penggunaan LKS pada materi limit
fungsi aljabar di MA Hidayatul Ummah Balongpanggang dinyatakan efektif.

Deskripsi Alternatif :

Most of students consider mathematics is one of difficult lesson than others. Moreover
if their teacher explain, it is confusing. But, sometimes if their friend explainit become is
easier for them. Therefore, the teacher needs to make variation in learning, so that the learning
be effective. So, researcher use the contamporary tutor learning using students’ worksheet
(LKS).Because with the contamporary tutor learning students can begin to enjoy their friend’s
explaination who has good understanding and has easier style to explain that subject. So,
students’ understanding about the lesson can be better. This research has purpose to discribe
teachers ability to manage the learning, process students’ activities,students’ learning result,
and students’ response in the contamporary tutor learning using students’ worksheet (LKS) in
limit function materials.
This research is descriptive research. Thesubject of this research are 32 students from
XI IPA MA Hidayatul Ummah Balongpanggang 2012/2013. The research was done twice by
the contamporary tutor learning and also examination for the students to know the result. The
data collection use in this research are observation, test and questionnaire and the instruments
are observation sheet of students’ activities, students’ learning outcomes and students’
response questionnaire.
The analysis show, that the teacher capability in managing learning is very good by
subjection mean reached 92,65.The students’ activity in the contamporary tutor learning using
students’ worksheet (LKS) reached active criteria more 50% which is 71,72%.Students’
individual mastery learning reached ≥ 75, and as classical has reached more 80% exactly
81,25%. And students’ response is declared positive with the students answer “Yes” is more
50% exactly 76,79%. Because all of those indicators have apply to standart. So, the
contemporary tutor learning of limit function materials using students’ worksheet (LKS) at
the students of MA Hidayatul Ummah Balongpanggang is declared to be effective.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...