Print ...

Kontributor...

  • lailatul khusnah, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...

Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Pendidikan Matematika . 2013

PEMBELAJARAN JANICE VAN CLEAVE’S PADA KONSEP LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III MI MI’ROJUL ULUM JOTANGAN MOJOKERTO

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2013-10-24 15:28:58
Oleh : Budi Eko Setiawan NIM : 09 421 003
Dibuat : 2013-10-09, dengan 4 file

Keyword : Pembelajaran Janice Van Cleave’s, Benda Konkret, Pembelajaran Kooperatif

Matematika bukan hanya pelajaran tentang menghafal rumus yang bersifat abstrak melainkan juga pelajaran yang manfaatnya dapat diterapkan ke dunia nyata. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran Janice Van Cleave’s, dimana pembelajaran tersebut memakai benda konkret untuk dimanipulasikan sebagai media pembelajaran sehingga siswa mudah memahami konsep yang akan diberikan. Pembelajaran Janice Van Cleave’s memiliki tiga tahapan pembelajaran yaitu pembelajaran teori, pembelajaran menggunakan benda konkret dan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan desain one-shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Mi’rojul Ulum Jotangan Mojokerto yang berjumlah 30 siswa dan guru pengajar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen penelitian pada penelitian ini berupa lembar pengamatan, tes hasil belajar, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran termasuk dalam kategori kurang efektif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal dikatakan tercapai, dan respons siswa termasuk dalam kategori baik.

Deskripsi Alternatif :

Mathematics is not just a lesson about memorizing formulas that are abstract but also useful lessons can be applied to the real world. One of the lessons that can be used is Janice Van Cleave's learning, where learning is using concrete objects to be manipulated as a medium of learning so that students easily understand the concepts that will be provided. Janice Van Cleave's learning has three stages of learning, namely learning theory, learning using concrete objects and cooperative learning. This study includes a descriptive study, the design of one-shot case study. The subjects were students of class III MI Mi'rojul Ulum Jotangan Mojokerto, amounting to 30 students and teacher educators. Methods of data collection in this study is the method of observation, test methods, and methods of inquiry. Research instrument in this study is the observation sheet, achievement test and questionnaire response sheet learners. Results from this study is the ability of teachers to manage learning well categorized, students in learning activities included in the category of less effective, mastery learning students achieved classically said, and student responses are included in both categories.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id