Path: Top . Undergraduate Theses . Jurusan Teknik Industri . 2015

STUDI SIMULASI PROSES PEMUATAN DAN PENIMBANGAN KONTAINER EKSPOR DENGAN TUJUAN MEMINIMALKAN STAPEL (Studi Kasus: PT. WINA, Gresik)

Undergraduate Theses from JIPPTUMG / 2016-02-18 19:54:34
Oleh : Bobby Chandra Saputra
Dibuat : 2016-02-18, dengan 4 file

Keyword : simulasi, waktu pemuatan kontainer, stapel

Abstrak:
Kinerja dari pelayanan ekspor suatu kontainer biasa diukur dari kecepatan pemuatan serta utilitas dari server yang ada. Pada proses ekspor di PT. WINA, kinerja proses pemuatan dievaluasi dari waktu pemuatan kontainer, serta besarnya stapel. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya waktu proses yang lama serta antrian waktu tunggu untuk dilayani yang tinggi.
Ada tiga alternatif yang diajukan untuk meminimalkan waktu pemuatan dan stapel, yaitu penambahan man power pada personil inspeksi, penambahan jumlah forklift pada setiap WH yang ada, dan menggabungkan kedua alternatif yang ada. Tujuan yang ingin dicapai adalah menentukan skenario alternatif terbaik dalam usaha perbaikan kondisi saat ini. Langkah-langkah untuk melakukan simulasi adalah sebagai berikut: (1) mengumpulkan data dari proses pemuatan kontainer; (2) membuat model konseptual simulasi proses pemuatan pada kondisi eksisting; (3) melakukan proses simulasi pada kondisi eksisting; (4) melakukan uji verifikasi dan uji validasi; (5) mengembangkan model simulasi untuk ketiga alternatif serta melakukan simulasi; dan (6) melakukan analisis dari hasil simulasi yang telah dilakukan. Simulasi diselesaikan dengan menggunakan perangkat lunak ARENA 14.0.
Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan dari skenario-skenario perbaikan untuk meminimalkan waktu pemuatan dan nilai stapel, dapat disimpulkan bahwa penambahan personiel inspeksi dan penambahan jumlah forklift merupakan alternatif terbaik dalam menurunkan jumlah kontainer yang stapel. Dengan melakukan alternatif tersebut jumlah kontainer stapel mengalami penurunan sebesar sebesar 86% atau sebanyak 50 kontainer dari kondisi eksisting sebanyak 350 kontainer.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Digilib Universitas Muhammadiyah Gresik. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(84) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPPTUMG
Organisasi
Nama Kontakadmin@umg.ac.id
AlamatJl. Sumatera
KotaGresik
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail AdministratorAdmin@umg.ac.id
E-mail CKOAdmin@umg.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Any Savitry, Editor: admin perpustakaan UMG

Download...